PENGARUH ETNOSENTRISME KONSUMEN PADA NIAT BELI PRODUK NOTEBOOK : UJI MEDIASI VARIABEL PERSEPSI KUALITAS

Anggi, Charlescian (2015) PENGARUH ETNOSENTRISME KONSUMEN PADA NIAT BELI PRODUK NOTEBOOK : UJI MEDIASI VARIABEL PERSEPSI KUALITAS. . pp. 1-14.

[img] Text
JURNALEM19308.pdf

Download (826kB)

Abstract

Mencermati banyaknya produk impor yang masuk kedalam pasar domestik dan kecenderungan konsumen domestik yang lebih memilih produk impor, membuat penelitian pada etnosentrisme konsumen perlu untuk dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh etnosentrisme konsumen secara langsung maupun tidak langsung pada niat beli konsumen melalui persepsi kualitas sebagai variabel pemediasi. Penelitian ini dilakukan di DIY dimana respondennya adalah para mahasiswa yang aktif di Universitas Atmajaya Yogyakarta.Penelitian ini diharapkan dapat membantu para pemasar domestik untuk menciptakan keunggulan bersaing sehingga dapat bersaing dengan pemasar asing. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana dibagikan kuesioner secara online dan offline kepada 200 responden yang mengetahui, memiliki, dan yang akan membeli produk notebook. Teknik pengambilan data dalam menggunakan convenience sampling. Metode analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS versi 16.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa etnosentrisme konsumen berpengaruh signifikan secara langsung maupun tidak langsung pada niat beli produk domestik melalui persepsi kualitas sebagai variabel pemediasi komplementer.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Etnosentrisme konsumen, Persepsi kualitas, Niat beli.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Apr 2016 09:39
Last Modified: 04 Apr 2016 09:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/8995

Actions (login required)

View Item View Item