BURA, YOHANES PUTRA (2016) ANALISIS PENGARUH FASILITAS U-TURN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus U-Turn Jl. Laksda Adisucipto – Depan Hotel Sri Wedari). S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
0TS13892.pdf Download (1MB) |
|
Text (Bab I)
1TS13892.pdf Download (338kB) |
|
Text (Bab II)
2TS13892.pdf Download (392kB) |
|
Text (Bab III)
3TS13892.pdf Download (487kB) |
|
Text (Bab IV)
4TS13892.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) |
|
Text (Bab V)
5TS13892.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (Bab VI)
6TS13892.pdf Download (1MB) |
Abstract
Salah satu cara untuk mempermudah pergerakan lalu lintas kendaraan adalah dengan menyediakan bukaan median sebagai fasilitas memutar arah kendaraan (U-Turn). Dengan adanya fasilitas u-turn memberi dampak pada pergerakan kendaraan searah dan berlawanan arah dengan u-turn. Kendaraan yang memutar menyebabkan bertambahnya volume kendaraan pada arah berlawanan. Selain itu, kendaraan yang memutar akan melambat dan membentuk antrian ketika mendekati u-turn. Kendaraan yang memutar arah juga membutuhkan waktu untuk melewati fasilitas u-turn dan kemudian menyatu dengan arus kendaraan pada arah berlawanan. Beberapa hal tersebut menunjukan adanya pengaruh fasilitas u-turn pada kinerja jalan. Penelitian dilakukan pada u-turn yang berada di depan Hotel Sri Wedari dan ruas Jl. Laksda Adisucipto yang melewati u-turn tersebut selama 3 hari yaitu hari Jumad, 1 Oktober 2015 sampai Minggu, 3 Oktober 2015. Waktu pengamatan yang digunakan dalam penelitian yaitu pagi pukul 06.30-08.30, siang pukul 12.00- 14.00, dan sore pukul 16.00-18.00. Data yang diambil dalam penelitian ini meliputi data geometrik jalan, data kinerja jalan (volume lalu lintas, hambatan samping, waktu dan kecepatan tempuh kendaraan), dan data kinerja u-turn (volume memutar, panjang antrian, waktu tundaan dan waktu memutar). Pengambilan data dilakukan untuk tiap periode waktu 15 menit. Berdasarkan hasil analisis diperoleh arus lalu lintas sebelum u-turn arah ke timur sebesar 3385 skr/jam dan arah ke barat sebesar 2834 skr/jam, hambatan samping dalam kategori rendah untuk kedua arahnya, kecepatan tempuh kendaraan untuk arah timur sebesar 22,4 km/jam dan arah barat 21,1 km/jam, derajat kejenuhan sebelum uturn arah ke timur sebesar 0,92 dan arah ke barat sebesar 0,77, arus memutar sebesar 509 skr/jam, serta rata-rata untuk panjang antrian sebesar 43 m, waktu tundaan selama 89 detik dan waktu memutar selama 16,3 detik. Hasil analisis tersebut menunjukan pengaruh fasilitas u-turn terhadap kinerja ruas jalan yang meliputi perubahan arus lalu lintas sesudah u-turn untuk arah ke timur sebesar 2876 skr/jam dan untuk arah ke barat sebesar 3343 skr/jam karena adanya arus memutar, perubahan derajat kejenuhan sesudah u-turn untuk arah ke timur sebesar 0,78 dan untuk arah ke barat sebesar 0,90 karena perubahan besar arus kendaraan, serta perubahan kecepatan tempuh kendaraan untuk arah ke timur sebesar 45,4 % yang dipengaruhi oleh panjang antrian dan waktu tundaan dan untuk arah ke barat sebesar 49,8 % yang dipengaruhi oleh radius putar kendaraan dan waktu memutar yang dibutuhkan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengaruh, u-turn, kinerja jalan |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 20 Apr 2016 09:46 |
Last Modified: | 20 Apr 2016 09:46 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9156 |
Actions (login required)
View Item |