JEJARING KOMUNITAS SEBAGAI MODAL SOSIAL DALAM STRATEGI PEMASARAN CV.PENERBIT OMBAK

Adventi Santoso, Natalia (2015) JEJARING KOMUNITAS SEBAGAI MODAL SOSIAL DALAM STRATEGI PEMASARAN CV.PENERBIT OMBAK. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0SOS04515.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
1SOS04515.pdf

Download (228kB)
[img] Text (Bab II)
2SOS04515.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text (Bab III)
3SOS04515.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text (Bab IV)
4SOS04515.pdf

Download (396kB)

Abstract

Pentingnya peran sebuah buku menjadikan CV.Penerbit Ombak sebagai salah satu perusahaan penerbit melakukan berbagai strategi pemasaran guna mencapai tujuan menyampaikan informasi mengenai suatu ilmu. Salah satu strategi pemasaran yang dilakukan adalah dengan membentuk sebuah jejaring komunitas dengan penulis, IKAHIMSI (Ikatan Mahasiswa Sejarah Se-Indonesia), dan IMAHAGI (Ikatan Mahasiswa Geografi Se-Indonesia). Jejaring komunitas yang dibentuk tersebut menjadi modal sosial bagi masing-masing aktor dalam mencapai kesuksesan dari strategi pemasaran yang dilakukan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian adalah untuk mengetahui proses dan pola jejaring yang dibangun CV.Penerbit Ombak dengan berbagai aktor, faktor-faktor yang menyebabkan pola jejaring tersebut membangun modal sosial, serta manfaat yang diperoleh oleh masing-masing aktor jejaring komunitas, sehingga strategi pemasaran mencapai kesuksesan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara dan observasi sehingga mampu menggali lebih dalam mengenai pertanyaan penelitian. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah direktur CV.Penerbit Ombak, penulis, koordinator wilayah IKAHIMSI dan sekretaris jendral IMAHAGI. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menyatakan bahwa CV.Penerbit Ombak, penulis, IKAHIMSI, dan IMAHAGI telah mencapai faktor-faktor modal sosial yang diperoleh melalui kegiatan pemasaran yang mereka lakukan. Masing-masing komponen juga mendapatkan manfaat jejaring komunitas yang terbentuk. Pencapaian faktor-faktor modal sosial dan manfaat jejaring komunitas membuktikan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh CV.Penerbit Ombak bersama penulis, IKAHIMSI, dan IMAHAGI mencapai kesuksesan. Maka dapat dikatakan bahwa hubungan kerja sama di antara mereka telah membawa kesuksesan pemasaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Jejaring Komunitas , Modal Sosial.
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 May 2016 08:48
Last Modified: 23 May 2016 08:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9421

Actions (login required)

View Item View Item