CITRA PT. PLN DALAM PEMBERITAAN KRISIS LISTRIK SUMATERA UTARA DAN SEKITARNYA (Analisis Isi Pemberitaan Surat Kabar Harian Nasional Periode September 2013-April 2014)

Calvin Madayanto, Frietz (2015) CITRA PT. PLN DALAM PEMBERITAAN KRISIS LISTRIK SUMATERA UTARA DAN SEKITARNYA (Analisis Isi Pemberitaan Surat Kabar Harian Nasional Periode September 2013-April 2014). .

[img] Text
JURNALKOM03920.pdf

Download (678kB)

Abstract

Berita dalam surat kabar memiliki peranan yang penting dalam membentuk opini publik masyarakat. Media salah satunya surat kabar memiliki kekuatan tersebut dalam mempengaruhi persepsi dan membentuk opini publik lewat agenda setting, yang nantinya akan mempengaruhi citra yang melekat di masyarakat akan organisasi ataupun perusahaan. Agenda setting yang dilakukan oleh surat kabar bertujuan untuk memberitakan isu-isu yang menurutnya lebih penting dari isu lain. Melalui pemberitaan, citra sebuah perusahaan dapat terbentuk. Citra positif dapat terbentuk apabila pesan yang disampaikan bersifat positif, dan citra negatif akan terbentuk jika pesan disampaikan bersifat negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah citra PT. PLN dalam pemberitaan tentang kasus krisis listrik di wilayah Sumatera Utara dan sekitarnya. Citra yang terbentuk dari pemberitaan surat kabar harian nasional ini akan diteliti menggunakan metode analisis isi surat kabar. Data yang dianalisis adalah berita-berita yang berkaitan dengan pemberitaan krisis listrik PT. PLN di wilayah Sumatera Utara dan sekitarnya. Rentang kasus diambil dari bulan September 2013 hingga April 2014. Penelitian ini menggunakan total sampling, yaitu seluruh berita yang ditemukan dijadikan sebagai objek penelitian, dengan total berita sebanyak 31 item berita. Peneliti menggunakan dua unit analisis, yang terdiri dari unit analisis penampilan fisik berita dan unit analisis isi berita, untuk mengetahui citra PT. PLN dalam pemberitaan surat kabar harian nasional Kompas, Jawa Pos, dan Koran Tempo. Dari hasil yang ditemukan, penelitian ini menunjukkan bahwa citra perusahaan PT. PLN dalam pemberitaan tersebut mengarah pada citra negatif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Citra Perusahaan, Agenda Setting, Pemberitaan, Surat Kabar.
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 May 2016 12:15
Last Modified: 24 May 2016 12:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9447

Actions (login required)

View Item View Item