STRATEGI PERUBAHAN SEGMENTASI, TARGETING, DAN POSITIONING DI MAJALAH INTISARI

Darwin D, Monalisa (2016) STRATEGI PERUBAHAN SEGMENTASI, TARGETING, DAN POSITIONING DI MAJALAH INTISARI. S1 thesis, UAJY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di era modern yang terus berkembang, ada begitu banyak pilihan media yang dapat dikonsumsi masyarakat. Intisari sebagai sebuah media cetak masih eksis hingga lebih dari setengah abad usianya. Untuk pertama kalinya, Intisari memfokuskan segmentasinya pada tahun 2012, yaitu untuk pembaca berusia 25- 35 tahun, baik pria maupun wanita. Pada September 2015, ternyata Intisari kembali mempertajam segmentasinya, untuk usia 30-35 dengan kelas menengah atas, baik pria maupun wanita. Berawal dari fenomena ini, penelitian dilakukan dengan menggunakan gabungan teori ilmu komunikasi, manajemen, dan strategi bersaing, yang kemudian dapat menemukan kuncinya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan secara jelas mengenai temuan data yang kemudian dianalisis untuk kemudian dipaparkan dengan mendalam atas realita yang terjadi. Data temuan diperoleh melalui wawancara mendalam kepada redaksi Intisari dan melalui dokumen “Media Kit” Intisari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan segmentasi yang diikuti dengan perubahan targeting dan positioning oleh Intisari melibatkan redaksi, tim riset, dan divisi bisnis. Perubahan dilakukan karena Intisari harus mengikuti perkembangan zaman yang terjadi, kemudian riset menunjukkan adanya peluang yang lebih besar di pasar pada segmentasi yang saat ini dipilih, serta adanya regenerasi dalam redaksi. Meski tidak melonjak drastis, namun oplah dan pembaca Intisari memang terbukti meningkat. Perubahan juga merupakan salah satu strategi bersaing Intisari untuk bertahan sebagai sebuah media cetak dalam menghadapi perkembangan zaman saat ini yang terus terjadi. Kesimpulannya adalah perubahan segmentasi, targeting, dan positioning yang dilakukan Intisari merupakan salah satu strategi bersaing yang bertujuan ingin bertahan sebagai media cetak yang terus diterima khalayak serta meningkatkan oplah. Perubahan dilakukan karena untuk mengimbangi perkembangan zaman, adanya peluang meningkatkan oplah, serta adanya regenerasi dan proses perubahan melibatkan redaksi, tim riset, dan divisi bisnis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Segmentasi, Targeting, Positioning, Majalah, Manajemen Media, Strategi Bersaing
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 May 2016 09:26
Last Modified: 10 Jun 2016 12:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9459

Actions (login required)

View Item View Item