PERAN KOMUNITAS OFF THE WALL YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS BRAND (Studi Deskriptif Kualitatif Terhadap Peran Komunikasi Kelompok Komunitas Off The Wall Yogyakarta Dalam Meningkatkan Loyalitas Brand Sepatu Vans)

SUSILO, YOLANDA WIDYANTI (2015) PERAN KOMUNITAS OFF THE WALL YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS BRAND (Studi Deskriptif Kualitatif Terhadap Peran Komunikasi Kelompok Komunitas Off The Wall Yogyakarta Dalam Meningkatkan Loyalitas Brand Sepatu Vans). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM04337.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Bab I)
1KOM04337.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text (Bab II)
2KOM04337.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM04337.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Text (Bab IV)
4KOM04337.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB)

Abstract

Penelitian ini ingin melihat bagaimana peran komunikasi kelompok komunitas Off The Wall Yogyakarta dalam meningkatkan loyalitas brand sepatu Vans. Penelitian ini merupakan penelitan kualitatif dan menggunakan metode penelitian wawancara mendalam dan observasi. Teori-teori yang digunakan adalah teori komunikasi kelompok, social learning theory, reference group, dan loyalitas merek. Objek penelitian ini adalah komunitas Off The Wall Yogyakarta, yaitu sebuah komunitas pecinta sepatu Vans yang berdomisili di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat peran komunikasi kelompok yang dilakukan oleh komunitas Off The Wall Yogyakarta dalam meningkatkan loyalitas brand Vans. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan loyalitas brand Vans dari anggota-anggota komunitas Off The Wall Yogyakarta. Peningkatan tersebut terjadi karena adanya peran komunikasi kelompok yang dilakukan oleh komunitas Off The Wall Yogyakarta, serta komunitas Off The Wall Yogyakarta yang berperan sebagai reference groups bagi anggota-anggotanya. Komunitas Off The Wall Yogyakarta juga merupakan kelompok belajar, yang dimana anggota-anggota nya memperoleh pengetahuan dari anggota-anggota lainnya dan saling bertukar pengetahuan serta informasi yang membuat wawasan anggota-anggota menjadi bertambah dan pada akhirnya terjadi peningkatan loyalitas terhadap brand Vans. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peran komunikasi kelompok yang dilakukan oleh komunitas Off The Wall Yogyakarta yang pada akhirnya terjadi peningkatan loyalitas brand Vans pada anggota-anggota komunitas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Kelompok, Komunitas, Loyalitas Brand
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 May 2016 10:22
Last Modified: 25 May 2016 10:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9465

Actions (login required)

View Item View Item