INTERAKTIVITAS AKTUAL WEBSITE SEBAGAI MEDIA INTERNATIONAL PUBLIC RELATIONS (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Potensi Website European External Action Service di Indonesia sebagai Media Interaktif dengan Publik Internasional)

GRATSIA KANCANAMAYA, RADEN RARA (2015) INTERAKTIVITAS AKTUAL WEBSITE SEBAGAI MEDIA INTERNATIONAL PUBLIC RELATIONS (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Potensi Website European External Action Service di Indonesia sebagai Media Interaktif dengan Publik Internasional). S1 thesis, UAJY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Era globalisasi mendorong organisasi, termasuk organisasi antar negara, untuk melakukan public diplomacy yang memiliki kesamaan dan dapat disebut juga dengan international public relations. Perkembangan teknologi komunikasi yang menghadirkan berbagai media turut mempengaruhi praktik international public relations. Website, khususnya, adalah medium terkini dan terpopuler di dalam new media yang memiliki kelebihan untuk menyediakan potensi interaktivitas yang tidak pernah bisa dilakukan melalui media konvensional. Tulisan ini menggambarkan interaktivitas aktual website European External Action Service (EEAS) di Indonesia, yang merupakan korps layanan diplomatik Uni Eropa. Penelitian ini merupakan studi kasus terhadap website EEAS di Indonesia dengan melakukan analisis isi kualitatif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data riset dokumentasi, peneliti menelusuri website EEAS di Indonesia untuk mengidentifikasi keberadaan fitur interaktivitas pada website. Dari fitur-fitur tersebut, peneliti kemudian mengidentifikasi pola interaktivitas yang merefleksikan model komunikasi yang terjadi di dalam website. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaktivitas aktual website EEAS di Indonesia masih terbatas. Hal itu ditunjukkan oleh keberadaan fitur-fiturnya yang sekedar memampukan terjadinya model komunikasi satu arah, terutama dari EEAS di Indonesia ke user. Interaktivitas aktual website EEAS di Indonesia yang terbatas menunjukkan bahwa esensi penggunaan website sebagai media international public relations utamanya adalah untuk diseminasi informasi dan melakukan fungsi komunikasi persuasive, yakni membangun image. Selain itu website EEAS di Indonesia digunakan untuk menyediakan subsidi informasi bagi media dan menciptakan kehadiran organisasi di internet.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: interaktivitas aktual website, website sebagai media international public relations, media international public relations, international public relations
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 May 2016 12:03
Last Modified: 10 Jun 2016 12:27
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9471

Actions (login required)

View Item View Item