EFEKTIVITAS IKLAN dengan ENDORSER JKT48 BERDASARKAN ELEMEN - ELEMEN JINGLE IKLAN (STUDI EKSPERIMENTAL TENTANG PENGUKURAN EFEKTIVITAS IKLAN TELEVISI DENGAN ENDORSER JKT48 BERDASARKAN ELEMEN MEMORABILITY, MEANINGFULNESS, LIKABILITY, ADAPTABILITY, PROTECTABILITY PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA)

Prakosa, Marselinus Andi (2015) EFEKTIVITAS IKLAN dengan ENDORSER JKT48 BERDASARKAN ELEMEN - ELEMEN JINGLE IKLAN (STUDI EKSPERIMENTAL TENTANG PENGUKURAN EFEKTIVITAS IKLAN TELEVISI DENGAN ENDORSER JKT48 BERDASARKAN ELEMEN MEMORABILITY, MEANINGFULNESS, LIKABILITY, ADAPTABILITY, PROTECTABILITY PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA). S1 thesis, UAJY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media massa adalah media yang paling banyak dipilih oleh perusahaan untuk menyampaikan iklan. Pendekatan komunikasi dalam iklan dapat dilakukan melalui berbagai macam cara, salah satunya menggunakan jingle. Jingle berisi pesan-pesan yang sederhana mengenai suatu barang atau jasa. Lima elemen yang harus dimiliki oleh jingle iklan, yaitu memorability, meaningfulness, likability, adaptability dan protectability. Tujuan penelitian ini adalah mengukur efektivitas iklan televisi dengan endorser JKT48 berdasarkan elemen memorability, meaningfulness, likability, adaptability, protectability. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian eksperimental. Proses penelitian ini dilakukan dengan cara kelompok eksperimen diberi treatment lalu memberikan kuesioner kepada responden setelah mendengarkan jingle iklan 3 produk. Responden dari kelompok eksperimen merupakan mahasiswa UAJY angkatan 2015 dari berbagai fakultas berjumlah 20 orang. Obyek penelitian ini adalah 3 jingle iklan yang ketiganya dibintangi oleh JKT48. Jingle iklan itu diantaranya; jingle iklan Pocari Sweat versi “Heavy Rotation”, jingle iklan Yamaha Mio J versi “Aitakatta”, jingle iklan Yoghurt Cimory versi JKT48. Jingle iklan Pocari Sweat yang paling efektif dibandingkan jingle iklan Yamaha Mio J dan Pocari Sweat karena jingle iklan Pocari Sweat paling kuat dalam 3 elemen yang harus dimiliki oleh jingle iklan yaitu likability, adaptability, dan protectability. Sedangkan jingle iklan Yamaha Mio J paling kuat dalam elemen memorability saja, jingle iklan Yoghurt Cimory paling kuat dalam elemen meaningfulness saja. Berdasarkan hasil penelitian ini, jingle iklan dalam bentuk jingle iklan yang menggunakan lagu komersial yang sudah ada sebelumnya dan digunakan tanpa di aransemen ulang paling efektif karena jingle ini memiliki 3 elemen dari 5 elemen yang harus dimiliki jingle iklan yaitu elemen likability, adaptability, dan protectability. Bagi para perusahaan barang maupun jasa dan juga bagi agensi iklan yang ingin membuat jingle iklan disarankan agar membuat jingle iklan dalam bentuk jingle iklan yang menggunakan lagu komersial yang sudah ada sebelumnya dan digunakan tanpa di aransemen ulang karena jingle iklan ini paling efektif karena memiliki 3 elemen dari 5 elemen yang harus dimiliki jingle iklan yaitu elemen likability, adaptability, dan protectability. Bentuk jingle ini juga efektif dalam mempertahankan daya ingat konsumen terhadap produk sesuai dengan tujuan periklanan dalam aspek reminding advertising.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: jingle, memorability, meaningfulness, likability, adaptability, protectability. endorser, efektivitas
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 27 May 2016 08:55
Last Modified: 10 Jun 2016 11:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9505

Actions (login required)

View Item View Item