ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI ARMADA PERUM DAMRI DIVISI DENPASAR TERHADAP KUALITAS PELAYANAN (Studi Kasus Trans Sarbagita, Trayek Batu Bulan-Nusa Dua)

ROBED, MADE DIAH LISNAWATI (2012) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI ARMADA PERUM DAMRI DIVISI DENPASAR TERHADAP KUALITAS PELAYANAN (Studi Kasus Trans Sarbagita, Trayek Batu Bulan-Nusa Dua). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TS13087.pdf

Download (734kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TS13087.pdf

Download (724kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TS13087.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TS13087.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text (Bab IV)
4TS13087.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text (Bab V)
5TS13087.pdf
Restricted to Registered users only

Download (964kB)
[img]
Preview
Text (Bab VI)
6TS13087.pdf

Download (835kB) | Preview

Abstract

Transportasi memegang peranan penting dalam mendukung terlaksananya berbagai kegiatan diantaranya adalah kegiatan perekonomian, perindustrian, pariwisata dan lain sebagainya. Trans Sarbagita merupakan salah satu contoh jasa angkutan umum yang dikeluarkan Pemerintah Bali yang mulai beroperasi pada bulan Agustus 2011. Trans Sarbagita merupakan singkatan dari Denpasar, Badung, Gianyar, Tabanan. Mengajak masyarakat beralih dari kendaraan pribadi menjadi kendaraan umum merupakan hal yang sulit, sehingga diperlukan adanya tingkat kepuasan penumpang, salah satunya yaitu dari kualitas pelayanan yang diberikan sehingga akan tercipta loyalitas penumpang akan angkutan umum Trans Sarbagita. Terdapat 5 faktor yang digunakan dalam menilai kualitas jasa untuk mecapai kepuasan penumpang, yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty. Penelitian Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan penumpang terhadap kinerja trans sarbagita trayek batu bulannusa dua, ditinjau dari kesenjangan antara jasa yang dialami dengan jasa yang diharapkan. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 100 penumpang Trans Sarbagita Trayek Batu bulan-Nusa dua. Untuk mengetahui kuesioner sudah valid dan handal maka dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Uji validitas dan reliabilitas pada Tugas Akhir ini menggunakan bantuan software SPSS versi 17. Pengolahan data selanjutnya yaitu dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis yang kemudian akan dimasukkan kedalam Importance Performance Matrix dan dibahas berdasarkan kuadran masingmasing. Dari hasil analisis diagram kartesius diketahui bahwa pada kuadran A, terdapat indikator ukuran halte dan keamanan yang berarti indikator tersebut mengecewakan/tidak memuaskan sehingga perlu ditingkatkan kualitas pelayanannya. Pada kuadran B, terdapat indikator fasilitas bus, ketepatan waktu, keramahan, tarif, dan pembelian tiket, yang berarti indikator ini dianggap sangat penting dan memuaskan. Pada kuadran C, terdapat indikator selang pemberangkatan, kebersihan, lokasi halte, jam operasi, kemampuan pengemudi, informasi jalur, yang berarti indikator dianggap kurang penting dan kurang memuaskan sehingga perlu ditingkatkan kualitas pelayanannya. Pada kuadran D, terdapat indikator, kerapian petugas, penyampaian informasi, yang berarti indikator dianggap kurang penting tetapi sangat memuaskan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, validitas, reliabilitas, Importance Performance Analysis
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 Apr 2013 13:35
Last Modified: 03 May 2013 13:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/955

Actions (login required)

View Item View Item