POSITIONING PROGRAM APLIKASI SOCIAL MESSAGING (Studi Deskriptif Kuantitatif Perbandingan Positioning Program Aplikasi Messaging LINE, WhatsApp, dan BlackBerry Messenger Menurut Persepsi Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UAJY angkatan 2013-2014)

Setiawan, Fourth Sinaga Budi (2016) POSITIONING PROGRAM APLIKASI SOCIAL MESSAGING (Studi Deskriptif Kuantitatif Perbandingan Positioning Program Aplikasi Messaging LINE, WhatsApp, dan BlackBerry Messenger Menurut Persepsi Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UAJY angkatan 2013-2014). .. pp. 1-15.

[img] Text (Jurnal Komunikasi)
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB)

Abstract

Layanan melalui telepon pintar berbasis internet terus berkembang di masyarakat. Sementara itu, warga yang menggunakan internet 52 juta diantaranya mengakses media sosial melalui gadget dengan rata-rata waktu yang digunakan sekitar 3 jam per hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penelitian mengenai perbandingan positioning aplikasi social messaging merk LINE, WhatsApp, dan BlackBerry Messenger (BBM) berdasarkan perceptual mapping pada mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta angkatan 2013-2014. Teori yang digunakan adalah teori komunikasi dan pemasaran. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan kuesioner berskala semantic differential dan disebarkan kepada 85 responden. Responden merupakan mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu 2 Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta angkatan 2013-2014. Ada 12 atribut yang digunakan untuk membantu responden memberikan persepsinya terhadap 3 aplikasi social messaging. Ketahanan aplikasi social messaging (misal sering keluar paksa ketika menggunakan aplikasi), efisiensi aplikasi social messaging (dalam kaitannya membuat smartphone menjadi lambat), keberagaman fitur aplikasi social messaging, teknologi penyampaian pesan kepada penerima dalam aplikasi social messaging (mudah terkirim-tidaknya pesan), harga aplikasi social messaging (pay to use), harga fitur tambahan dalam aplikasi social messaging, kemudahan penggunaan aplikasi social messaging, kemudahan penggunaan fitur tambahan di dalam aplikasi social messaging, manfaat aplikasi social messaging (dalam kaitannya dengan memudahkan pengguna aplikasi untuk melakukan aktivitas komunikasi seperti telepon, video call, maupun mengirim pesan.), manfaat fitur tambahan di dalam aplikasi social messaging (dalam kaitannya dengan menunjang kualitas aplikasi sehingga menjadi pembeda dengan aplikasi lainnya.), pengembangan teknologi dalam aplikasi, dan teknologi aplikasi social messaging mendukung semua OS smartphone. Keduabelas atribut akan dimampatkan dengan menggunakan analisis faktor agar mempermudah analisis. Kemudian perceptual mapping dibuat dengan menggunakan analisis skala multidimensional tipe preferensi dengan model compensatory. Hasil penelitian dengan analisis faktor menghasilkan perceptual mapping satu dimensi. Pada peta terlihat bahwa aplikasi LINE bersaing dengan WhatsApp dan mempunyai jarak yang cukup jauh dengan BBM. Hal ini juga terlihat pada peta persepsi ketiga aplikasi. LINE mempunyai persepsi yang kuat pada atribut keberagaman fitur aplikasi, atribut pengembangan teknologi dalam aplikasi, atribut manfaat aplikasi, kemudahan penggunaan aplikasi, dan teknologi aplikasi. WhatsApp mempunyai persepsi yang kuat atribut yang paling menonjol adalah atribut kemudahan dan manfaat penggunaan aplikasi. Sedangkan BBM mempunyai persepsi yang kuat pada atribut kemudahan penggunaan aplikasi, manfaat aplikasi, kemudahan penggunaan fitur tambahan di dalam aplikasi, dan atribut teknologi aplikasi social messaging mendukung semua OS smartphone. 3 Saran diberikan pada peneliti agar penelitian selanjutnya lebih memahami penggunaan analisis multivariat sehingga dapat menggali lebih dalam mengenai persepsi dan positioning produk yang akan diteliti. Saran kepada produsen agar lebih meningkatkan kualitas produk tanpa melupakan posisi yang sudah ada saat ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: komunikasi pemasaran, positioning, perceptual map, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 31 May 2016 10:59
Last Modified: 31 May 2016 10:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9553

Actions (login required)

View Item View Item