PERGESERAN KONSEP PUBLIC RELATIONS PT TELEKOMUNIKASI SELULAR AKIBAT PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TELEKOMUNIKASI

CLAUDIA AGNES, LASCHENOSA VALENTA SHINDY (2015) PERGESERAN KONSEP PUBLIC RELATIONS PT TELEKOMUNIKASI SELULAR AKIBAT PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TELEKOMUNIKASI. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
SKRIPSI..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pergeseran konsep public relations yang dilakukan oleh Telkomsel akibat perkembangan teknologi telekomunikasi. Sebagai perusahaan operator seluler terbesar di Indonesia, tentu membuat Telkomsel terus melakukan berbagai inovasi terhadap pelayanannya seiring dengan perkembangan teknologi. Salah satunya yakni harus mampu untuk terus menjalin relasi dan komunikasi yang baik dengan publiknya. Untuk itu diperlukan public relations guna menjalankan tugas tersebut. Dalam menjalankan tugasnya, public relations dihadapkan dengan perkembangan teknologi yang ada sehingga di tuntut untuk dapat memanfaatkan teknologi yang ada guna menjalin relasi dan berkomunikasi dengan publik. Hal itulah yang menjadi latarbelakang peneliti untuk melakukan penelitian mengenai pergeseran konsep public relations di Telkomsel. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian diskriptif. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan melakukan wawancara, menggunakan data sekunder untuk mendukung dan menambahkan data yang diperoleh serta trianggulasi untuk meningkatkan akurasi data. Peneliti melakukan wawancara dengan beberapa pihak dari Telkomsel. Teknis analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang menjelaskan data dari hasil wawancara dan catatan lapangan dengan mengorganisasikan data, dijabarkan, kemudian disimpulkan untuk diskripsikan. Setelah melakukan penelitian ini, didapatkan hasil bahwa pergeseran konsep public relations di Telkomsel saat ini masih dalam masa transisi. Konsep public relations di Telkomsel yang dijalankan saat ini yakni perpaduan antara konvensional dan konsep digital. Hal tersebut dilakukan untuk saling melengkapi, karena masing-masing konsep memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri. Sehingga untuk menyempurnakan konsep yang ada dilakukanlah perpaduan antara konsep konvensional dan digital public relations dengan tujuan untuk menjalin relasi dan berkomunikasi dengan publik, baik publik internal dan eksternal

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pergeseran konsep public relations, digital public relations, determinism.
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Jun 2016 11:19
Last Modified: 04 Oct 2019 07:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9585

Actions (login required)

View Item View Item