PENATAAN RUANG PARKIR BADAN JALAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA JALAN (Studi Kasus : Jl. Jenderal Urip Sumoharjo Yogyakarta)

UKAPOKA, MODESTA (2015) PENATAAN RUANG PARKIR BADAN JALAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA JALAN (Studi Kasus : Jl. Jenderal Urip Sumoharjo Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota besar di pulau jawa dan kota yang sangat strategis karena banyak pariwisatanya dan kota pelajar. Setiap tahunnya kendaraan yang melintasi kota yogyakarta mengalami peningkatan. Hal ini disebabkan karena kemacetan lalu lintas, salah satunya di Jalan Jenderal Urip Sumoharjo Yogyakarta. Penyebab kemacetan di ruas Jalan Jenderal Urip Sumoharjo Yogyakarta adalah kegiatan perparkiran pada badan jalan yang mengakibatkan hambatan samping dan kegiatan parkir pada pusat perbelanjaan. Jalan Jenderal Urip Sumoharjo seharusnya di peruntukkan bagi kelancaran arus lalu lintas, tetapi pada kenyataannya di ruas jalan tersebut terjadi pengurangan lebar jalur lalu lintas akibat perijinan aktivitas parkir pada badan jalan (on street parking). Dengan permasalahan ini, maka dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh dari parkir pada badan jalan terhadap kapasitas ruas jalan. Penelitian ini dilakukan dengan cara survai lapangan, yaitu mengukur lebar badan jalan serta mencatat plat nomor kendaraan yang masuk dan keluar (mobil dan sepeda motor). Survai dilaksanakan selama 3 hari, yaitu hari Minggu, Senin, dan Sabtu pada tanggal 31 Mei 2015, 1 dan 6 Juni 2015 dengan membaginya menjadi 2 sesi pengamatan dengan masing-masing sesia terdiri dari 2 jam pengamatan. Data pengamatan diambil mulai pukul 09.00 – 11.00 WIB dan 16.00 – 18.00 WIB. Analisis dilakukan berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997). Hasil analisis data lapangan kapasitas ruas jalan tanpa parkir didapat 6082,2 smp/jam dan kapasitas ruas jalan dengan parkir pada dua sisi didapat 2804,88 smp/jam. Untuk meningkatkan kinerja jalan sebaiknya dilakukan penataan parkir untuk sepeda motor dengan sudut parkir 90°, sedangkan untuk mobil sebaiknya dengan sudut parkir 30° dan 45°. Hubungan antara pemakaian lahan parkir dan kapasitas jalan untuk tipe jalan empat lajur terbagi atau satu arah, y = 264x + 726 dengan nila R2 = 1, tipe jalan empat lajur tak terbagi, y = 276x +534 dengan nilai R2 = 0,998, tipe jalan dua lajur tak terbagi, y = 355,2x + 244,4 dengan nilai R2 = 0,906. Kecepatan kendaraan di ruas Jalan Jenderal Urip Sumoharjo Yogyakarta diperoleh rata-rata kecepatan untuk mobil 9,34 km/jam dan rata-rata kecepatan untuk sepeda motor 24,72 km/jam.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: akumulasi parkir, volume parkir, kecepatan, kapasitas parkir, penataan ruang parkir dan on street parking.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Jun 2016 09:52
Last Modified: 09 Jun 2016 12:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9651

Actions (login required)

View Item View Item