PENGARUH KREDIBILITAS MODEL IKLAN TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN: STUDI PADA MODEL IKLAN SELEBRITI VERSUS SPOKESPERSON

Astyanti Putri, Febri (2016) PENGARUH KREDIBILITAS MODEL IKLAN TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN: STUDI PADA MODEL IKLAN SELEBRITI VERSUS SPOKESPERSON. . pp. 1-15.

[img] Text
JURNALEM18299.pdf

Download (677kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dimensi kredibilitas dari model iklan terhadap niat beli konsumen. Selain itu, penelitian ini juga menguji perbedaan kredibilitas antara model iklan selebriti dan model iklan spokesperson. Sampel penelitian adalah mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang pernah melihat dan mengamati iklan Floridina Orange dan NutriSari. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner pada 200 responden. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier sederhana, regresi linear berganda, dan uji Paired Sample t-Test dengan bantuan program SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik (attractiveness), kepercayaan (trustworthiness), dan keahlian (expertise) model iklan selebriti dan spokesperson berpengaruh terhadap niat beli konsumen. Selain itu, model selebriti memiliki daya tarik yang lebih kuat dari spokesperson dan model spokesperson memiliki kepercayaan dan keahlian yang lebih kuat dari selebriti.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Daya Tarik, Kepercayaan, Keahlian, Niat Beli
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 09 Jun 2016 09:49
Last Modified: 09 Jun 2016 09:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9665

Actions (login required)

View Item View Item