MUHAMMAD NURHIDAYAT, ANDI (2016) PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE UNTUK PEMBELAJARAN AKSARA LONTARA BERBASIS AUGMENTED REALITY. S2 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
0MTF02209.pdf Download (589kB) |
|
Text (Bab I)
1MTF02209.pdf Download (189kB) |
|
Text (Bab II)
2MTF02209.pdf Download (661kB) |
|
Text (Bab III)
3MTF02209.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
|
Text (Bab IV)
4MTF02209.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Bab V)
5MTF02209.pdf Download (909kB) |
Abstract
Terdapat begitu banyak kebudayaan di Indonesia, salah satunya adalah aksara. Aksara juga memiliki banyak macam salah satunya aksara lontara’. Aksara lontara mulai terlupakan sejak dihapusnya mata pelajaran muatan lokal pada sekolah-sekolah. Padahal aksara lontara’ merupakan salah satu warisan budaya yang wajib dilestarikan. Efek dari penghapusan mata pelajaran ini membuat generasi muda mulai melupakan aksara, terlebih metode pembelajaran aksara yang cukup membosankan. Untuk itu perlunya sebuah aplikasi yang dapat menjadi media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Penelitian ini menggunakan augmented reality sebagai solusi untuk membuat media pembelajaran yang interaktif. Penggunaan visualisasi ini bisa menarik minat belajar khususnya generasi muda. Sehingga tujuan dari penelitian ini dapat tercapai. Dalam penelitian ini menggunakan metode marker-based dalam perancangan aplikasi aksara untuk pembelajaran. Kemudian aplikasi ini diuji apakah dapat digunakan dengan menggunakan atribut dimension quality for goods. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran aksara lontara’.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aksara, augmented reality, marker-based. |
Subjects: | Magister Teknik Informatika > Mobile Computing |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 28 Jun 2016 07:38 |
Last Modified: | 28 Jun 2016 07:38 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9800 |
Actions (login required)
View Item |