PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE UNTUK PEMBELAJARAN AKSARA LONTARA BERBASIS AUGMENTED REALITY

MUHAMMAD NURHIDAYAT, ANDI (2016) PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE UNTUK PEMBELAJARAN AKSARA LONTARA BERBASIS AUGMENTED REALITY. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0MTF02209.pdf

Download (589kB)
[img] Text (Bab I)
1MTF02209.pdf

Download (189kB)
[img] Text (Bab II)
2MTF02209.pdf

Download (661kB)
[img] Text (Bab III)
3MTF02209.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text (Bab IV)
4MTF02209.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab V)
5MTF02209.pdf

Download (909kB)

Abstract

Terdapat begitu banyak kebudayaan di Indonesia, salah satunya adalah aksara. Aksara juga memiliki banyak macam salah satunya aksara lontara’. Aksara lontara mulai terlupakan sejak dihapusnya mata pelajaran muatan lokal pada sekolah-sekolah. Padahal aksara lontara’ merupakan salah satu warisan budaya yang wajib dilestarikan. Efek dari penghapusan mata pelajaran ini membuat generasi muda mulai melupakan aksara, terlebih metode pembelajaran aksara yang cukup membosankan. Untuk itu perlunya sebuah aplikasi yang dapat menjadi media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Penelitian ini menggunakan augmented reality sebagai solusi untuk membuat media pembelajaran yang interaktif. Penggunaan visualisasi ini bisa menarik minat belajar khususnya generasi muda. Sehingga tujuan dari penelitian ini dapat tercapai. Dalam penelitian ini menggunakan metode marker-based dalam perancangan aplikasi aksara untuk pembelajaran. Kemudian aplikasi ini diuji apakah dapat digunakan dengan menggunakan atribut dimension quality for goods. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran aksara lontara’.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: aksara, augmented reality, marker-based.
Subjects: Magister Teknik Informatika > Mobile Computing
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 Jun 2016 07:38
Last Modified: 28 Jun 2016 07:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9800

Actions (login required)

View Item View Item