PENGEMBANGAN SISTEM PEMBELAJARAN PADA ANGKA AKSARA BALI MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY

Pertama, Pande Putu Gede Putra and ., Suyoto and Suselo, Thomas (2014) PENGEMBANGAN SISTEM PEMBELAJARAN PADA ANGKA AKSARA BALI MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY. PROSIDING Seminar Nasional Ilmu Komputer UNDIP 2014. pp. 228-234.

[img] Text (PROSIDING SNIK UNDIP)
2014-SNIK-Undip.pdf

Download (2MB)

Abstract

Aksara Bali merupakan hasil pengembangan dari bahasa kawi. Aksara Bali mengalami banyak perubahan sehingga menjadi huruf tradisional masyarakat Bali. Aksara Bali adalah aksara yang sering dipakai dalam upacara keagamaan untuk menulis perlengkapan upacara. Perkembangan di era modern seperti sekarang ini menyebabkan aksara Bali mulai kurang diminati oleh masyarakat Bali khususnya oleh generasi muda. Dalam hal ini ada beberapa penyebab yaitu kesulitan dalam mengenali bentuk dan pola dari suku kata aksara Bali tersebut. Salah satu cara untuk melestarikan kebudayaan Bali khususnya aksara Bali adalah mempelajari aksara Bali sejak dini. Dalam melestarikan aksara Bali dapat dilakukan dengan memanfaatkan pada smartphone berbasis sistem operasi android untuk membantu dalam mengenal angka aksara Bali dengan mengunakan foot Bali simbar. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sistem yang dibangun memiliki kemampuan untuk mengenal angka aksara Bali simbar menjadi 3D angka latin dengan menggunakan teknologi augmented reality. Pengembangan penelitian ini menggunakan library unity fuvoria untuk mendeteksi angka Bali simbar menjadi 3D huruf latin. Sistem yang dikembangkan memiliki tingkat keberhasilan dalam mengenal marker angka aksara Bali dengan tingkat kesuksesan 100%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: angka, font Bali Simbar, unity fuvoria, augmented reality.
Subjects: Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 Jul 2016 10:29
Last Modified: 28 Jul 2016 10:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9977

Actions (login required)

View Item View Item