ANALISIS DAYA TARIK JAM KEBERANGKATAN KERETA API TERHADAP PENUMPANG KERETA API (STUDI KASUS PADA PENUMPANG KERETA API BISNIS DAN EKSEKUTIF YOGYAKARTA)

Sari, Widiastuti Wulan (2002) ANALISIS DAYA TARIK JAM KEBERANGKATAN KERETA API TERHADAP PENUMPANG KERETA API (STUDI KASUS PADA PENUMPANG KERETA API BISNIS DAN EKSEKUTIF YOGYAKARTA). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TS08881.pdf

Download (252Kb)
[img] Text (Bab I)
1TS08881.pdf

Download (73Kb)
[img] Text (Bab II)
2TS08881.pdf

Download (101Kb)
[img] Text (Bab III)
3TS08881.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TS08881.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95Kb)
[img] Text (Bab V)
5TS08881.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1620Kb)
[img] Text (Bab VI)
6TS08881.pdf

Download (159Kb)

Abstract

Kereta api sebagai salah satu bagian dari sistem transportasi berfungsi memberikan layanan kepada masyarakat, untuk angkutan penumpang maupun barang. Kualitas layanan yang dibenkan akan mempengaruhi jumlah pelanggan atau pengguna jasa transportasi. Untuk memenuhi tuntutan kualitas layanan yang disesuaikan dengan taraf ekonomi dan penghasilan masyarakat maka kereta api dibagi menjadi beberapa kelas, yaitu ekonomi, bisnis, eksekutif dan spesial. Penelitian ini untuk mengetahui karakteristik para penumpang dan kualitas layanan kereta api pada kereta api dengan harapan nantinya PT.KAI dapat lebih berkembang dan bertambah baik kualitas pelayanannya. Penelitian ini dibatasi pada perjalanan kereta api dari Yogyakarta menuju Jakarta dan data didapat melalui kuisoner yang dibagikan pada penumpang kereta api bisnis Fajar Utama dan Senja Utama Yogyakarta serta kereta api eksekutif Taksaka 1 dan Taksaka 2. Hasil kuisioner yang didapat kemudian diolah dengan program microsoft excel. Langkah berikutnya adalah penyusunan hipotesa, selanjutnya data yang diperoleh dari olah data diuji dengan metode uji hipotesa untuk 2 proporsi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa karakteristik penumpang kereta api Taksaka 2 dan Taksaka 1 pada hari Jumat dan Minggu sebagian besar berusia 15-30 tahun, berprofesi sebagai karyawan, PNS, dokter, wiraswasta, d11, dengan pendapatan Rp 1.000.000,- - Rp 5.000.000,- dan lebih besar dari Rp 5.000.000,-. Karakteristik penumpang kereta api Fajar Utama Yk. dan Senja Utama Yk. juga sama hanya saja memiliki penghasilan di bawah Rp 1 .000.000,- dan Rp1.000.000,- - Rp 5,000.000,-. Bangkitan pergerakan sebagian besar dari Yogyakarta menuju Jakarta dimana para penumpangnya bertempat tinggal di Yogyakarta dan Jakarta. Adapun tujuan pergerakan tersebut adalah untuk bekerja, mengunjungi relasi/keluarga, bisnis, rekreasi, dil. Kebersihan, keamanan, pelayanan pada kereta api Taksaka sudah cukup baik. Namun masih banyak penumpang yang mengeluh atas keterlambatan waktu tiba di Jakarta pada Taksaka I hari Minggu. Untuk kereta api bisnis, kebersihan, pelayanan sudah cukup baik sedangkan keamanan pada Senja Utama Yk. perlu ditingkatkan lagi. Para penumpang yang memilih naik kereta api pagi merasa lebih aman, nyaman, dapat melihat pemandangan, mudah mendapatkan kendaraan setibanya di tuj uan, sedangkan yang memilih malam karena dapat tidur dengan nyaman dan efisien.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kereta api, karakteristik penumpang, transportasi, bangkitan pergerakan, pelayanan, kenyamanan, jam keberangkatan
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 31 Aug 2016 08:57
Last Modified: 31 Aug 2016 08:57
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10214

Actions (login required)

View Item View Item