OPTIMALISASI PENYELENGGARAAN KEGIATAN STATISTIK DASAR MELALUI REFORMASI UNDANG-UNDANG NOMOR 16 TAHUN 1997 TENTANG STATISTIK

Sulistomo, Bayu (2016) OPTIMALISASI PENYELENGGARAAN KEGIATAN STATISTIK DASAR MELALUI REFORMASI UNDANG-UNDANG NOMOR 16 TAHUN 1997 TENTANG STATISTIK. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0MIH02268.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
1MIH02268.pdf

Download (219kB)
[img] Text (BAB II)
2MIH02268.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
3MIH02268.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text (BAB IV)
4MIH02268.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
5MIH02268.pdf

Download (442kB)

Abstract

Tesis ini berjudul "Optimalisasi Penyelenggaraan Kegiatan Statistik Dasar Melalui Reformasi Undang- Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang statistik". tesis dengan judul tersebut bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji bagaimana penyelenggaraan statistik dasar yang dilakukan oleh badan pusat statistik berdasarkan undang-undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang statistik (UU Statistik); apa kendala-kendala dalam mengoptimalisasikan penyelenggaraan statistik dasar dan bagaimana upaya mengatasi kendala-kendala dalam penyelenggaraan statistik dasar secara optimal melalui reformasi UU Statistik. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif dengan pendekatan politik hukum dan sosiologi hukum. yang mengkaji UU Statistik sebagai hukum positif dalam penyelenggaraan statistik dasar (ius constitution) dan merumuskan substansi hukum yang sebaiknya diberlakukan di masa depan (ius constituendum). sumber data berupa data sekunder yang terdiri atas bahan hukum primer dan hukum sekunder. metode pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan wawancara. bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder dianalisis dengan menggunakan metode analisis hukum. proses berpikir deduktif digunakan untuk menarik kesimpulan. landasan teori yang digunakan sebagai pisau analisis dalam mengkaji hasil penelitian dan pembahasan adalah teori efektivitas hukum dan teori kebijakan politik. hasil penelitian ioni menunjukkan bahwa penyelenggaraan kegiatan statistik dasar oleh BPS berdasarkan UU Statistik tidak berjalan optimal karena terdapat kendala-kendala, seperti: rendahnya kesadaran masyarakat akan arti penting dan kegunaan statistik, penerapan sanksi pidana bagi responden yang tidak berjalan efektif dan data statistik di kementerian lembaga pemerintah yang bersifat parsial. Kendala-kendala tersebut bersifat mendasar dan tidak dapat diatasi secara kasuistik tetapi harus dengan upaya komprehensif dan revolusioner, maka upaya mengatasinya dengan melakukan reformasi UU Statistik agar penyelenggaraan kegiatan statistik dasar oleh BPS dapat berjalan optimal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Statistik Dasar, Reformasi.
Subjects: Magister Ilmu Hukum > Hukum Ketatanegaraan
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Oct 2016 09:50
Last Modified: 04 Oct 2016 09:50
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10461

Actions (login required)

View Item View Item