PARTISIPASI WARGA DALAM PROSES MANAJEMEN DI RADIO KOMUNITAS BALM BUDAYA MINOMARTANI YOGYAKARTA 107,9 FM (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Partisipasi Warga dalam Proses Manajemen yang Berjaian di Radio Komunitas Balai Budaya Minomartani Yogyakarta)

Lestari, Kristina Rahayu (2007) PARTISIPASI WARGA DALAM PROSES MANAJEMEN DI RADIO KOMUNITAS BALM BUDAYA MINOMARTANI YOGYAKARTA 107,9 FM (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Partisipasi Warga dalam Proses Manajemen yang Berjaian di Radio Komunitas Balai Budaya Minomartani Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM02043.pdf

Download (267Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM02043.pdf

Download (593Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM02043.pdf

Download (145Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM02043.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1016Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM02043.pdf

Download (1742Kb)

Abstract

Perkembangan radio komunitas yang kian pesat di Indonesia akhir-akhir ini menarik perhatian beberapa kalangan. Disahkannya Undang-Undang No. 32 / 2002 tentang penyiaran membawa pengakuan secara resmi akan sebuah media yang tumbuh di kalangan masyarakat tertentu. Sifatnya yang nirlaba membuat radio komunitas mengandalkan partisipasi komunitasnya dalam berbagai proses mulai dari pendirian hingga pengelolaannya. Penelitian ini ingin melihat bagaimana partisipasi warga dalam proses manajemen yang berjalan di sebuah radio komunitas karena manajemen merupakan salah satu unsur penting dalam kehidupan sebuah media. Diambilnya radio komunitas Balai Budaya Minomartani (BBM) Yogyakarta sebagai obyek penelitian ini didorong oleh keberadaannya yang cukup lama dan sering menjadi tempat studi banding maupun pelatihan oleh rakom lain. Teori mengenai radio sebagai komunikasi massa dan konsep partisipasi dalam sebuah media komunitas menjadi landasan untuk menganalisis temuan data dari lapangan. Penelitian ini dapat digolongkan sebagai sebuah deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi penulis sajikan dalam bentuk uraian deskriptif. Dari temuan data di lapangan dapat dlihat bahwa partisipasi warga Minomartani dalam proses pembentukan hingga pengelolaan radio BBM sangatlah kurang. Penentuan struktur kepengurusan yang melalui proses tunjuk membuat sebagian warga enggan berpartisipasi. Penibuatan arah dasar dan tujuan yang hendak dicapai oleh radio melalui berbagai siaran dan kegiatannya pun hanya dilakukan oleh pihak tertentu sehingga warga tak terlibat. Tidak adanya perwakilan dari berbagai elemen masyarakat (kelurahan, RW, RT, pemuka agama, Kelompok pemuda, dan kelompok perempuan) yang duduk sebagai perwakilan komunitas membuat radio ini kurang diketahui dan diterima oleh sebagian warga. Kurang terlibatnya warga dalam penyusunan hingga evaluasi program juga membuat sebagian warga merasa tak terpenuhi keinginannya sehingga enggan untuk mendengarkan dan terlibat dalam siaran rakom BBM. Ketidakcocokan akan dominasi peran pihak tertentu dalam kepengelolaan membuat beberapa warga mundur dari keterlibatannya. Banyaknya anggota DPK yang tidak terlibat dalam dinamika rakom BBM, membuat peran mereka sebagai perwakilan komunitas yang salah satu fungsinya melakukan pengawasan dan melakukan pembinaan SDM tak berjalan. Hal ini membuat beberapa konflik peran warga belum dapat terselesaikan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 14 Nov 2016 08:41
Last Modified: 14 Nov 2016 08:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10765

Actions (login required)

View Item View Item