LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN WISMA UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA DI KALIURANG, SLEMAN, YOGYAKARTA

SURYANI, ELVINA (2016) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN WISMA UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA DI KALIURANG, SLEMAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TA13484.pdf

Download (8MB)
[img] Text (Bab I)
1TA13484.pdf

Download (446kB)
[img] Text (Bab II)
2TA13484.pdf

Download (410kB)
[img] Text (Bab III)
3TA13484.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab IV)
4TA13484.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text (Bab V)
5TA13484.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Bab VI)
6TA13484.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hal-hal yang mendasari perancangan Wisma Universitas Atma Jaya Yogyakarta ini adalah 1. Universitas Atma Jaya Yogyakarta merupakan Universitas yang belum memiliki wisma, selama ini jika ada kegiatan yang diadakan diluar kampus selalu menyewa wisma, 2. Wisma dimaksudkan untuk mendukung kegiatankegiatan yang diadakan oleh Universitas ataupun Civitas Academica yang berada diluar kampus, 3. Harga sewa wisma yang semakin lama semakin mahal, 4. Universitas Atma Jaya Yogyakarta memiliki lahan kosong di Kaliurang. Wisma Universitas Atma Jaya Yogyakarta di Kaliurang, Sleman, Yogyakarta adalah Wisma yang direncanakan untuk seluruh Civitas Academica Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Lokasi terletak di Jl. Boyong, Kaliurang, Sleman, Yogyakarta. Merupakan tanah milik Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta. Berupa hutan pepohonan dengan kontur +50cm sampai – 250cm, dengan luas: 6.927 m2. Didesain dengan Konsep karakter Unggul, Inklusif, Humanis dengan Pendekatan Arsitektur Tropis. Unggul: menggunakan kolom besar yang mewujudkan bangunan Wisma yang kuat dan kokoh. Terdapat lapangan basket outdoor dan lapangan outdor, berupa lapangan terbuka dengan atap pergola logo UAJY, pancaran ke-7 sinarnya mengarah pada Salib sebagai pemberhentian Jalan Salib terakhir yaitu kebangkitan Yesus. Inklusif: Kapel letaknya didepan bersebelahan dengan lobby dekat area parkir sehingga mudah diakses, terbuka untuk warga sekitar dengan kapasitas 120 orang. Sehingga dapat menjalin interaksi antara pengguna dan warga sekitar. Ruang makan dapat menampung semua pengguna bersamaan, didesain terbuka dengan railing kayu untuk melancarkan sirkulasi udara. Humanis: Menghargai alam sekitar sebagai potensi, mengikuti kontur dengan sitem cut and fill. Mempertahankan vegetasi dilokasi, antara lain: bambu, nangka dan kelapa. Menggunakan ram untuk sirkulasi. Fasad bangunan didominasi oleh fasad UAJYyang mempunyai kesan khas dari UAJY dengan penggunaan bata bali dan atap limasan. Arsitektur Tropis: banyak bukaan, penggunan material alami kayu, batu bata dan bata bali, pemilihan warna terang, melindungi dinding dengan alat peneduh, mempertahankan vegetasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Wisma Universitas Atma Jaya Yogyakarta di Kaliurang, Sleman, Yogyakarta, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Civitas Academica, Unggul, Inklusif, Humanis, Arsitektur Tropis.
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Nov 2016 11:31
Last Modified: 21 Nov 2016 11:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10803

Actions (login required)

View Item View Item