RISET PASAR PRODUK BERAS ORGANIK GRADE 1

PERMANA, KRESNA WIDYA (2016) RISET PASAR PRODUK BERAS ORGANIK GRADE 1. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TIA08121.pdf

Download (692kB)
[img] Text (Bab I)
1TIA08121.pdf

Download (61kB)
[img] Text (Bab II)
2TIA08121.pdf

Download (239kB)
[img] Text (Bab III)
3TIA08121.pdf

Download (66kB)
[img] Text (Bab IV)
4TIA08121.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[img] Text (Bab V)
5TIA08121.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Bab VI)
6TIA08121.pdf

Download (435kB)

Abstract

Usaha produksi beras organik grade 1 merupakan salah satu pelaku usaha di bidang pangan. Produsen melakukan pemasaran produknya secara manual dengan mencari pedagang besar di kota-kota besar dengan sistem kontrak. Tetapi akan menjadi masalah jika tidak ada lagi kontrak dari pedagang besar di kota-kota besar tersebut. Inovasi produk yang dilakukan oleh pemilik usaha belum dapat menembus pasar lokal di Karesidenan Surakarta. Daya jual produk yang rendah juga disebabkan oleh minimnya pengetahuan pemilik tentang segmen pasar beras organik. Untuk mengidentifikasi segmen pasar beras organik grade 1 ini, maka dibutuhkan riset pasar. Riset pasar dilakukan dengan menggunakan Lembar Kerja untuk mengidentifikasi target customer, dilanjutkan dengan menetapkan hipotesis uji dengan mempertimbangkan data sekunder yang terkait dengan tingkat kompetisi dan potensi dari kompetitor sejenis. Pertanyaan yang dibangun ke dalam sebuah kuesioner akan menangkap minat pasar serta dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan strategi pemasaran baru melalui media online. Metode analisis dilakukan melalui analisis tren, similiaritas, kontradiksi, dan odd groupings terhadap data primer yang telah didapatkan melalui penyebaran kuesioner. Hasil dari penelitian riset pasar produk beras organik grade 1 menyatakan bahwa 63% responden memilih kemasan plastik vakum, 4% responden sudah pernah berbelanja sembako melalui media online, dan 30% responden berbelanja 2 – 3 kali dalam satu bulan melalui media online. Hal ini menunjukkan bahwa menjual beras organik grade 1 dengan kemasan vakum melalui media online mempunyai potensi besar karena minat pasar terhadap kemasan dan media penjualan tersebut cukup tinggi

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: beras organik, riset pasar, lembar kerja
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > TI Pindahan ATMI
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Dec 2016 10:48
Last Modified: 01 Dec 2016 10:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10844

Actions (login required)

View Item View Item