PENENTUAN ATRIBUT PRODUK BERAS MERAH ORGANIK BERDASARKAN HASIL RISET PASAR DI PERUSAHAAN BULIR INDONESIA

DHARMAYOGA, IDA BAGUS SURYA (2016) PENENTUAN ATRIBUT PRODUK BERAS MERAH ORGANIK BERDASARKAN HASIL RISET PASAR DI PERUSAHAAN BULIR INDONESIA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TI07042.pdf

Download (1193Kb)
[img] Text (Bab I)
1TI07042.pdf

Download (168Kb)
[img] Text (Bab II)
2TI07042.pdf

Download (704Kb)
[img] Text (Bab III)
3TI07042.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TI07042.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1069Kb)
[img] Text (Bab V)
5TI07042.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190Kb)
[img] Text (Bab VI)
6TI07042.pdf

Download (936Kb)

Abstract

Perusahaan Bulir Indonesia adalah sebuah perusahaan baru yang menjual beras organik di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Beras yang dijual oleh perusahaan Bulir Indonesia adalah beras dengan berat 1 kilogram dalam kemasan kantong plastik. Pemilik perusahaan Bulir Indonesia belum mengetahui segmentasi atau sasaran pasar yang tepat untuk menjual beras merah organik di kota Yogyakarta dikarenakan selama ini penjualan dilakukan di wilayah Sleman. Hal tersebut dapat dilihat dari penjualan beras merah organik yang tidak stabil. Oleh karena itu penelitian ini akan membahas mengenai siapakah sasaran pasar yang paling tepat untuk menjual beras merah organik di kota Yogyakarta berkaitan dengan ekspansi pasar dari wilayah Sleman ke kota Yogyakarta. Dari sasaran konsumen tersebut kemudian ingin diketahui pula atribut produk beras merah organik yang sesuai dengan minat konsumen. Dengan adanya permasalahan tersebut maka perlu dilakukan riset pasar terhadap beras merah organik yang dijual oleh perusahaan Bulir Indonesia untuk dapat mengetahui sasaran konsumen pasar penjualan beras merah organik di Yogyakarta. Hasil riset tersebut selanjutnya dapat dijadikan tools untuk mengetahui lebih dalam mengenai atribut produk beras merah organik yang sesuai dengan keinginan konsumen dari hasil riset pasar dengan menggunakan analisis konjoin. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka diperoleh kesimpulan hasil yang menjawab masalah tersebut yaitu berdasarkan hasil data riset pasar diketahui bahwa sasaran konsumen pasar beras merah organik di kota Yogyakarta adalah karyawan. Atribut produk beras merah organik yang sesuai dengan minat konsumen pasar di kota Yogyakarta khususnya karyawan adalah beras merah organik dengan berat kemasan 2 kg yang dikemas dengan jenis kemasan berbahan plastik. Konsumen juga beranggapan berat beras merah organik merupakan faktor terpenting dalam menilai atau membeli sebuah beras merah organik dibandingkan dengan jenis kemasan beras.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Riset Pasar, Beras Merah Organik, Atribut Produk
Subjects: Teknik Industri > Industri
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 31 Jan 2017 08:25
Last Modified: 31 Jan 2017 08:25
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11021

Actions (login required)

View Item View Item