ANALISIS FAKTOR PENURUNAN JUMLAH PELANGGAN DAN PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN HASIL ANALISIS CLUSTER DI TOKO JAMU WIJAYA KUSUMA

Pambudi, Hindriya Tithis (2012) ANALISIS FAKTOR PENURUNAN JUMLAH PELANGGAN DAN PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN HASIL ANALISIS CLUSTER DI TOKO JAMU WIJAYA KUSUMA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TI05371.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TI05371.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TI05371.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TI05371.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text (Bab IV)
4TI05371.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text (Bab V)
5TI05371.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img]
Preview
Text (Bab VI)
6TI05371.pdf

Download (516kB) | Preview

Abstract

Penulis melakukan penelitian di toko jamu Wijaya Kusuma, sebuah toko jamu tradisional yang hanya menjual produk dengan merek yang mereka produksi sendiri yaitu “WIJAYA KUSUMA”. Permasalahannya adalah jumlah pelanggan toko jamu Wijaya Kusuma selalu mengalami penurunan setiap tahunnya yaitu bisa dilihat dari tingkat pendapatan yang diperoleh setiap tahunnya mengalami penurunan. Pada penelitian ini penulis mencoba melakukan analisis faktorfaktor apa saja yang mempengaruhi menurunnya jumlah pelanggan toko jamu Wijaya Kusuma dan memberikan usulan strategi untuk menarik kembali pelanggan yang telah pergi. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitiann ini. Kuesioner tersebut dibagi menjadi 2 bagian, bagian I untuk mengetahui karakteristik konsumen dan bagian II untuk menjawab tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode statistik deskriptif untuk mengetahui karakteristik pelanggan toko jamu. One way ANOVA untuk mengetahui ada atau tidak perbedaan ratarata skor penilaian layanan, mutu, dan kelengakapan pada setiap toko jamu. Metode clustering untuk mengetahui posisi toko jamu Wijaya Kusuma dibandingkan dengan toko jamu lainnya. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan faktorfaktor yang mempengaruhi menurunnya jumlah pelanggan di toko Wijaya Kusuma yaitu harga, kelengkapan dan promosi. Variabel pelayanan tidaklah terlalu mempengaruhi menurunnya jumlah pelanggan. Toko Wijaya Kusuma dalam hal layanan, mutu, dan kelengkapan berada satu cluster dengan toko Akar Gingseng dan toko Muncul Jaya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Statistik deskriptif, one way ANOVA, clustering.
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 30 Apr 2013 09:59
Last Modified: 01 May 2013 08:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1107

Actions (login required)

View Item View Item