Pambudi, Hindriya Tithis (2012) ANALISIS FAKTOR PENURUNAN JUMLAH PELANGGAN DAN PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN HASIL ANALISIS CLUSTER DI TOKO JAMU WIJAYA KUSUMA. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TI05371.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TI05371.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TI05371.pdf Download (194kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3TI05371.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
||
Text (Bab IV)
4TI05371.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
||
Text (Bab V)
5TI05371.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) |
||
|
Text (Bab VI)
6TI05371.pdf Download (516kB) | Preview |
Abstract
Penulis melakukan penelitian di toko jamu Wijaya Kusuma, sebuah toko jamu tradisional yang hanya menjual produk dengan merek yang mereka produksi sendiri yaitu “WIJAYA KUSUMA”. Permasalahannya adalah jumlah pelanggan toko jamu Wijaya Kusuma selalu mengalami penurunan setiap tahunnya yaitu bisa dilihat dari tingkat pendapatan yang diperoleh setiap tahunnya mengalami penurunan. Pada penelitian ini penulis mencoba melakukan analisis faktorfaktor apa saja yang mempengaruhi menurunnya jumlah pelanggan toko jamu Wijaya Kusuma dan memberikan usulan strategi untuk menarik kembali pelanggan yang telah pergi. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitiann ini. Kuesioner tersebut dibagi menjadi 2 bagian, bagian I untuk mengetahui karakteristik konsumen dan bagian II untuk menjawab tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode statistik deskriptif untuk mengetahui karakteristik pelanggan toko jamu. One way ANOVA untuk mengetahui ada atau tidak perbedaan ratarata skor penilaian layanan, mutu, dan kelengakapan pada setiap toko jamu. Metode clustering untuk mengetahui posisi toko jamu Wijaya Kusuma dibandingkan dengan toko jamu lainnya. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan faktorfaktor yang mempengaruhi menurunnya jumlah pelanggan di toko Wijaya Kusuma yaitu harga, kelengkapan dan promosi. Variabel pelayanan tidaklah terlalu mempengaruhi menurunnya jumlah pelanggan. Toko Wijaya Kusuma dalam hal layanan, mutu, dan kelengkapan berada satu cluster dengan toko Akar Gingseng dan toko Muncul Jaya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Statistik deskriptif, one way ANOVA, clustering. |
Subjects: | Teknik Industri > Produksi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 30 Apr 2013 09:59 |
Last Modified: | 01 May 2013 08:05 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1107 |
Actions (login required)
View Item |