KOMBINASI DEKOK SAMBILOTO (Andrographis paniculata (Burm. f.) Wall. ex Nees.) DAN BROTOWALI (Tinospora crispa (L.) Miers ex Hoff. f.) SEBAGAI ANTIHIPERURISEMIA PADA MENCIT GALUR Swiss webster

Emanuella, Selvia (2016) KOMBINASI DEKOK SAMBILOTO (Andrographis paniculata (Burm. f.) Wall. ex Nees.) DAN BROTOWALI (Tinospora crispa (L.) Miers ex Hoff. f.) SEBAGAI ANTIHIPERURISEMIA PADA MENCIT GALUR Swiss webster. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0BL01302.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
1BL01302.pdf

Download (138kB)
[img] Text (Bab II)
2BL01302.pdf

Download (573kB)
[img] Text (Bab III)
3BL01302.pdf

Download (264kB)
[img] Text (Bab IV)
4BL01302.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text (Bab V)
5BL01302.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Kombinasi Dekok Sambiloto (Andrographis paniculata (Burm. f.) Wall. ex Nees.) dan Brotowali (Tinospora crispa (L.) Miers ex Hoff. F.) sebagai Antihiperurisemia pada Mencit Jantan Galur Swiss Webster”. Hiperurisemia bisa timbul akibat produksi asam urat yang berlebih atau pembuangan yang berkurang disebabkan oleh adanya kelainan genetik dan metabolik. Kadar asam urat ini dapat diturunkan dengan mengkonsumsi tanaman obat seperti sambiloto dan brotowali yang mengandung alkaloid, tanin, saponin dan flavonoid yang diproses dengan metode dekok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dekok sambiloto dan brotowali bila dikombinasikan secara langsung untuk menurunkan asam urat mencit dan waktu yang diperlukan dekok sambiloto dan brotowali untuk menunjukan efek penurunan asam urat ketika diinduksikan ke tubuh mencit jantan. Induksi dilakukan dengan pemberian potassium oksonat untuk meningkatkan kadar asam urat. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap, dengan variasi 3 perlakuan kombinasi dekok dan 2 kontrol. Untuk menurunkan kadar asam urat digunakan kombinasi dekok sambiloto dan brotowali yang dibuat dengan tiga perbandingan 1:3, 2:2, dan 3:1 dan pemberian kontrol aquades dan obat generik allupurinol. Pengukuran kadar asam urat menggunakan fotometer MICROLAB 300 dengan absorbansi 546 nm. Hasil kemudian dianalisis dengan uji ANAVA dengan tingkat kepercayaan 95% menggunakan aplikasi SPSS versi 15.0. Didapatkan bahwa kombinasi sambiloto : brotowali efektif menurunkan kadar asam urat dengan perbandingan tertinggi dalam menurunkan yakni sambiloto : brotowali 3:1 dalam waktu 1 minggu.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Antihyperurisemic, Sambiloto, Brotowali, Decocta
Subjects: Teknobiologi > Tekno Industri
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Feb 2017 09:38
Last Modified: 21 Feb 2017 09:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11233

Actions (login required)

View Item View Item