Analisis Niat Penggunaan E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model (Studi Kasus: SMA Pangudi Luhur Yogyakarta)

Trihatmojo, Josaphat Dimastiko Nurcahyo (2017) Analisis Niat Penggunaan E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model (Studi Kasus: SMA Pangudi Luhur Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TF068210.pdf

Download (453kB)
[img] Text (Bab I)
TF068211.pdf

Download (270kB)
[img] Text (Bab II)
TF068212.pdf

Download (311kB)
[img] Text (Bab III)
TF068213.pdf

Download (313kB)
[img] Text (Bab IV)
TF068214.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text (Bab V)
TF068215.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)
[img] Text (Bab VI)
TF068216.pdf

Download (442kB)

Abstract

SMA Pangudi Luhur Yogyakarta (SMA PL) sebagai salah satu institusi pendidikan menengah atas telah mengimplementasikan e-learning yang bisa diakses pada alamat http://elearning2.smaplyk.sch.id/. Pengguna yang baru mencapai 60% dan penerimaan e-learning di SMA Pangudi Luhur Yogyakarta belum pernah diteliti sebelumnya menjadi pendorong penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi penerimaan elearning di SMA Pangudi Luhur Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan analisa deskriptif dengan menggunakan SPSS Statistik, analisa model pengukuran dan analisa model struktural menggunakan AMOS. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan sampel jenuh melalui penyebaran kuesioner berjumlah 614 responden. Faktor yang mempengaruhi niat penggunaan elearning yang diteliti dalam penelitian ini merupakan adaptasi dari teori TAM yaitu niat perilaku, persepsi kegunaan yang dirasakan, persepsi kemudahan penggunaan, sikap,keyakinan diri, norma subyektif, dan fungsionalitas sistem. Niat penggunaan e-learning oleh siswa SMA Pangudi Luhur Yogyakarta menunjukkan bahwa mayoritas hipotesis yang disusun terbukti. Penemuan yang cukup penting adalah sikap dan disusul oleh norma subjektif memberikan pengaruh yang signifikan terhadap niat perilaku. Faktor norma subjektif dan fungsionalitas sistem tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap persepsi kemudahan penggunaan dan manfaat yang dirasakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-learning, TAM, SMA Pangudi Luhur, Yogyakarta
Subjects: Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 09 Mar 2017 07:35
Last Modified: 09 Mar 2017 07:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11336

Actions (login required)

View Item View Item