EVALUASI PENATAAN PARKIR DI MALIOBORO YOGYAKARTA

GAWE, YOHANES DOMINIKUS (2017) EVALUASI PENATAAN PARKIR DI MALIOBORO YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TS144960.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Bab I)
TS144961.pdf

Download (282kB)
[img] Text (Bab II)
TS144962.pdf

Download (201kB)
[img] Text (Bab III)
TS144963.pdf

Download (699kB)
[img] Text (Bab IV)
TS144964.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text (Bab V)
TS144965.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Bab VI)
TS144966.pdf

Download (4MB)

Abstract

Malioboro adalah kawasan wisata dan pusat perbelanjaan yang padat pengunjung. Meningkatnya kepemilikan kendaraan pribadi menjadi permasalahan penataan parkir di Kawasan Malioboro. Tingginya intensitas aktivitas di Kawasan Malioboro ini timbulnya persoalan lalu lintas yaitu penggunaan kendaraan pribadi yang tidak efisien, penggunaan ruang parkir yang tidak efisien, penggunaan fasilitas pejalan kaki sebagai tempat parkir kendaraan. Pemerintah Kota Yogyakarta telah merelokasi parkir sepeda motor di badan jalan pada Kawasan Malioboro ke Taman Parkir Abu Bakar Ali. Permasalahan yang timbul saat ini adalah masih terciptanya pemanfaatan fasilitas parkir di dekat area perbelanjaaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebaran parkir yang terjadi di Kawasan Malioboro. Penelitian dilakukan pada beberapa kantong parkir yang menyebar di sekitar pusat perbelanjaan selama 3 hari pada jam-jam puncak yaitu pada hari Sabtu, 5 November 2016 dan Minggu, 6 November 2016 yang mewakili hari libur dan pada hari Rabu, 9 November 2016 yang mewakili hari biasa. Survei dilakukan pada pukul 11.00-13.00, pukul 14.00-16.00, dan pada pukul 17.00-21.00. Ada dua jenis data yang diperlukan untuk penelitian parkir ini, yaitu hasil inventarisasi jumlah kendaraan dan wawancara dengan pengguna parkir mengenai kemauan berjalan kaki yaitu data primer dan hasil penelitian sebelumnya yaitu data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah kapasitas kendaraan yang parkir pada kantung-kantung parkir tidak resmi lebih besar daripada Taman Parkir Abu Bakar Ali. Jumlah kendaraan sepeda motor yang paling banyak berkunjung ke Malioboro pada siang hari adalah pada hari Minggu pukul 11.30 WIB sebanyak 1.991 sepeda motor sedangkan kendaraan yang tidak parkir di Taman Parkir Abu Bakar Ali sebanyak 1.677 sepeda motor. Jumlah kendaraan sepeda motor yang paling banyak berkunjung ke Malioboro pada malam hari adalah pada hari Sabtu pukul 19.00 WIB sebanyak 2.400 sepeda motor sedangkan kendaraan yang tidak parkir di Taman Parkir Abu Bakar Ali sebanyak 1.663 sepeda motor. Hal tersebut terjadi karena kecenderungan pemilihan lokasi parkir yang dekat dengan tujuan. Berdasarkan kemauan berjalan kaki hasil wawancara dengan pengguna parkir di lokasi penyebaran parkir bahwa sebagian besar pengunjung Malioboro yang parkir di Bioskop Indra tidak mau berjalan kaki dari Taman Parkir Abu Bakar adalah sebesar 76%, di Jl. Beskalan sebesar 83%, Jl. Ketandan Kulon sebesar 84%, Basement Malioboro Mall sebesar 94,74% ke tempat tujuannya karena terlalu jauh, panasan lelah. Jarak berjalan kaki terjauh yang di tempuh dari lokasi parkir bekas Bioskop Indra sejauh 130 m, Jl. Beskalan Samping Ramai Mall sejauh 100 m, Jl. Ketandan Kulon Samping Ramayana sejauh 180 m, Basement Malioboro Mall bertujuan ke Malioboro Mall, Taman Parkir Abu Bakar Ali sejauh 550 m dengan tujuan ke Malioboro Mall. Berdasarkan hasil analisis, penulis memberi saran untuk mengatasi permasalahan parkir Pemerintah disarankan menyediakan pelayanan angkutan umum sebagai moda transportasi di Kawasan Malioboro yang bebas biaya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Parkir, Kapasitas, Kemauan Berjalan Kaki.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Mar 2017 11:15
Last Modified: 29 Mar 2017 11:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11464

Actions (login required)

View Item View Item