PENGARUH KREDIBILITAS PERUSAHAAN DAN KREDIBILITAS ENDORSER TERHADAP SIKAP DAN MINAT BELI (Studi Eksplanatif terhadap Iklan Yamaha Vega ZR Versi Slank di Televisi di Kalangan Mahasiswa FISIP UAJY)

Simanjuntak, Kelly Ocean (2012) PENGARUH KREDIBILITAS PERUSAHAAN DAN KREDIBILITAS ENDORSER TERHADAP SIKAP DAN MINAT BELI (Studi Eksplanatif terhadap Iklan Yamaha Vega ZR Versi Slank di Televisi di Kalangan Mahasiswa FISIP UAJY). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02540.pdf

Download (716kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02540.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM02540.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM02540.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02540.pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

Persaingan bisnis yang terjadi antara produsen dalam menciptakan produk dan meraih pangsa pasar melahirkan gebrakan berupa inovasi produk. Hal ini tak terkecuali pada produk sepeda motor. Para produsen selaku pabrikan berlombalomba melakukan inovasi produk agar dapat menarik minat konsumen dan merebut pasar. Tidak cukup sampai di situ, para produsen juga melakukan kegiatan beriklan untuk mengenalkan produk mereka kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh kredibilitas perusahaan dan kredibilitas endorser terhadap sikap, untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh sikap terhadap minat beli, dan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh kredibilitas perusahaan dan kredibilitas endorser terhadap minat beli. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dan jika ditinjau dari periode waktu pengumpulan datanya (time horizon) termasuk penelitian cross sectional. Variabel dalam penelitian ini adalah kredibilitas perusahaan dan kredibilitas endorser iklan sebagai variabel eksogen, kemudian sikap pada iklan dan minat membeli sebagai variabel endogen. Adapun analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta dengan sampel penelitian mahasiswa FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta, yang pernah menyaksikan tayangan iklan sepeda motor Vega ditayangkan di televisi dengan endorsernya personil Slank. Berdasarkan hasil penelitian ini khususnya hasil pengujian hipotesis, terbukti secara empiris bahwa kredibilitas perusahaan dan endorser berpengaruh signifikan terhadap sikap pada iklan. Hal ini memberikan implikasi bahwa, semakin baik kredibilitas perusahaan dan endorser maka sikap pemirsa terhadap iklan produk akan cenderung semakin baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini, peneliti menyarankan kepada perusahaan untuk mengkaji lebih cermat dalam memilih endorser iklan, sehingga kegiatan promosi lebih maksimal dan konsumen lebih aware dan percaya terhadap produk yang diiklankan. Kemudian peneliti berharap untuk penelitian selanjutnya peneliti dapat lebih jeli dalam melihat permasalahan yang muncul dan mengkaji dengan teori yang ada.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 May 2013 09:36
Last Modified: 01 May 2013 09:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1177

Actions (login required)

View Item View Item