Pembangunan Aplikasi Pengenalan Pariwisata dan Oleh-Oleh Khas Bengkulu Berbasis Multimedia

HUTAURUK, LERIETTA TATIANA (2017) Pembangunan Aplikasi Pengenalan Pariwisata dan Oleh-Oleh Khas Bengkulu Berbasis Multimedia. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TF069070.pdf

Download (485kB)
[img] Text (Bab I)
TF069071.pdf

Download (606kB)
[img] Text (Bab II)
TF069072.pdf

Download (577kB)
[img] Text (Bab III)
TF069073.pdf

Download (389kB)
[img] Text (Bab IV)
TF069074.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Bab V)
TF069075.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (Bab VI)
TF069076.pdf

Download (9MB)

Abstract

Indonesia memiliki tempat pariwisata indah, tak heran banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang berlibur ke tempat-tempat wisata di Indonesia. Wisatawan pun tak lupa membeli oleh-oleh khas dari kota tempat wisata yang mereka datangi. Pulau yang sering didatangi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara kebanyakan Pulau Jawa, Bali, dan beberapa pulau di bagian timur seperti Pulau Komodo, Papua yang terkenal dengan Raja Ampat, dan lainnya. Wisatawan jarang sekali berwisata ke daerah utara dan barat. Biasanya wisatawan berlibur ke arah barat Indonesia, wisatawan hanya mendatangi kota yang sudah terkenal seperti Medan, Palembang, dan Padang. Semua orang belum tentu mengetahui makanan khas oleholeh apa yang berasal dari Bengkulu, wisatawan hanya mengetahui oleh-oleh khas seperti Pempek berasal dari Palembang dan keripik pisang dari Lampung. Maka dari itu diperlukan media pengenalan pariwisata dan makanan khas Bengkulu sehingga Bengkulu dapat berkembang juga seperti propinsi lainnya yang berada di Sumatera. Hal ini dapat meningkatkan pendapatan pemerintah di bidang pariwisata. Aplikasi pengenalan pariwisata dan oleh-oleh khas Bengkulu ini berbasis multimedia dengan menggabungkan komponen-komponen teks, gambar, audio, animasi, dan video. Tools yang digunakan untuk menggabungkan komponenkomponen multimedia yang meliputi teks, gambar, video, animasi, video dalam pembuatan aplikasi ini adalah Adobe Flash CC 2015, Movie Maker, dan CorelDraw X5. Aplikasi ini berjalan di platform android. Multimedia yang digunakan dalam pembangunan aplikasi ini dapat memperkenalkan Bengkulu sampai dengan mancanegara seperti pulau lainnya. Penelitian ini menghasilkan aplikasi yang dapat membantu wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara dalam mengetahui tempat pariwisata dan oleh-oleh khas Propinsi Bengkulu. Aplikasi ini dapat menjadi salah satu media promosi pariwisata di Bengkulu. Dengan adanya aplikasi ini pariwisata di Bengkulu dapat semakin berkembang dan dapat meningkatkan pendapatan Indonesia khususnya di sektor pariwisata.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Android, Bengkulu, Pariwisata, Oleh-Oleh
Subjects: Teknik Informatika > Mobile Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Jun 2017 09:11
Last Modified: 12 Jun 2017 09:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11843

Actions (login required)

View Item View Item