STRATEGI SOSIALISASI BUDAYA PERUSAHAAN DI PT. GMF AEROASIA JAKARTA

FEBRIANI, CHRISTINA ERIKA (2012) STRATEGI SOSIALISASI BUDAYA PERUSAHAAN DI PT. GMF AEROASIA JAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03529.pdf

Download (1174Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03529.pdf

Download (206Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03529.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03529.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03529.pdf

Download (89Kb)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan budaya perusahaan di PT. GMF AeroAsia. Perubahan budaya perusahaan ini dirasakan perlu dilakukan karena PT. GMF AeroAsia merupakan perusahaan yang sedang tumbuh dan berkembang menuju mapan, sehingga perlu terus menerus membenahi paradigmanya dalam rangka mencapai visi dan misi perusahaan. Pelaksanaan visimisi yang ada saat ini, pada dasarnya menuntut pula dukungan implementasi yang sesuai dari budaya kerja yang kondusif terhadap peningkatan kinerja perusahaan. Implikasinya berupa transformasi budaya baru selaras dengan paradigma baru yang melingkupi perusahaan saat ini dan masa depan. Jenis penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi sosialisasi budaya perusahaan di PT. GMF AeroAsia. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode fenomenologi. Konsepkonsep yang digunakan dalam penelitian ini antara lain konsep organisasi, budaya organisasi, konsep strategi, sosialisasi dan konsep public relations. Konsep-konsep ini digunakan peneliti sebagai pedoman awal sebelum peneliti turun ke lapangan. Setelah turun ke lapangan, peneliti mengumpulkan data dengan melakukan in-depth interview dengan teknik sampling snow ball kepada tujuh informan yang berasal dari internal PT. GMF AeroAsia dan Nararyya PR Consultant. Kemudian peneliti mencari kata kunci dari masing-masing data yang sudah dikumpulkan lalu menganalisis temuan data tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT. GMF AeroAsia menyadari bahwa dalam mensosialisasikan budaya perusahaan yang baru diperlukan strategi yang baik agar proses sosialisasinya dapat berjalan dengan maksimal dan efektif. Strategi sosialisasi yang dinilai sebagai strategi sosialisasi paling cocok karena sesuai dengan kondisi perusahaan dan kondisi masyarakat adalah strategi sosialisasi komunal. Strategi sosialisasi budaya perusahaan di PT. GMF AeroAsia dilaksanakan dalam empat tahapan komunikasi yaitu tahap awareness, understanding, buy in, dan ownership. Peran PR dalam sosialisasi budaya perusahaan ini adalah menjalankan fungsi komunikasi dengan mengkomunikasikan budaya perusahaan melalui media-media internal yang selama ini sudah dikelola oleh unit TSC sebagai unit yang memegang peranan sebagai PR perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategi, sosialisasi, budaya perusahaan
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 May 2013 11:32
Last Modified: 01 May 2013 11:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1209

Actions (login required)

View Item View Item