STRATEGI PUBLIC RELATIONS POLITIK DALAM PENCITRAAN BUPATI (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Pencitraan Bupati Cilacap untuk Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Menjelang Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Cilacap Periode 2012-2017)

Puteri, Dian Natalia (2012) STRATEGI PUBLIC RELATIONS POLITIK DALAM PENCITRAAN BUPATI (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Pencitraan Bupati Cilacap untuk Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Menjelang Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Cilacap Periode 2012-2017). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03535.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03535.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM03535.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03535.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03535.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pemilihan kepala daerah di Kabupaten Cilacap yang akan diadakan pada tanggal 9 September 2012. Salah satu kandidatnya merupakan seorang bupati yang akan mencalonkan kembali pada periode ini. Jabatan bupati yang diraihnya adalah karena pada periode 2007-2012 bupati Probo Yulastoro ditangkap oleh KPK karena kasus korupsi sehingga posisinya digantikan oleh Tatto Suwarto Pamuji yang merupakan obyek penelitian dalam penelitian ini. Untuk mencalonkan menjadi bupati pada periode 2012-2017 maka diperlukan adanya strategi PR politik melalui pencitraan yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi public relations politik terhadap bupati dan mengidentifikasi tahap dalam proses pencitraan yang dilakukan oleh tim sukses untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada bupati. Dalam penelitian ini teori yang digunakan yaitu mengenai public relations politik, citra, dan mengenai strategi public relations politik. Teori ini digunakan penulis sebagai panduan awal sebelum penulis turun ke lapangan. Metodologi penelitian yang digunakan diantaranya menggunakan jenis penelitian deskriptif kualititaif, metode penelitian fenomenologi, dan teknik pengumpulan data dengan in depth interview yang dilakukan bersama 10 informan. Pada akhirnya peneliti dapat menganalisa hasil penelitian dan mengambil kesimpulan terkait penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam tim sukses independen tidak menyebutkan sebagai PR politik melainkan sebagai tim pencitraan. Hal ini dikarenakan perbedaan ranah akademik dengan ranah politik di lapangan. Namun baik PR politik dan tim pencitraan memiliki kesamaan tujuan dan makna. Strategi dimaknai sebagai cara, gambar atau pola, dan kesatuan rencana untuk mencapai sebuah tujuan dalam jangka waktu tertentu. Strategi yang digunakan oleh tim sukses terbagai menjadi tahap perencanaan, tahap implementasi dan tahap pengawasan. Strategi public relations politik yang digunakan oleh tim sukses adalah melalui program “Bangga Mbangun Desa” yang merupakan program kelanjutan dari pembangunan pemerintah yang digunakan sebagai program unggulan kampanye. Program “Bangga Mbangun Desa” ini digunakan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap obyek penelitian bersama dengan ketiga tahapan strategi tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategi public relations politik, pencitraan
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 May 2013 11:34
Last Modified: 01 May 2013 11:34
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1210

Actions (login required)

View Item View Item