FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI HEDONIS (Studi Pada Konsumen Olah Raga Arung Jeram)

Suhartono, Fransisca (2011) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI HEDONIS (Studi Pada Konsumen Olah Raga Arung Jeram). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0EM16446.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1EM16446.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2EM16446.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab III)
3EM16446.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4EM16446.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
5EM16446.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

Ada beberapa jenis olah raga yang dewasa ini sedang populer di masyarakat. Jenis olah raga tersebut antara lain adalah arung jeram. Sebagai salah satu jenis olah raga yang cukup ekstrem, dibutuhkan nyali yang besar bagi orang yang ingin mencoba jenis olah raga tersebut. Hal ini berkaitan dengan kemampuan seseorang atau suatu tim untuk mampu mengatasi tantangan alam (derasnya arus sungai dan bebatuan yang menghalangi laju perahu). Bagi sebagian orang, semakin menantang suatu jenis olah raga, semakin tertantang ia untuk dapat menaklukan ganasnya tantangan yang ditawarkan olah raga tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor apa saja yang memotivasi konsumen memilih olah raga arung jeram. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui perbedaan motivasi berolah raga arung jeram antara konsumen pria dan wanita. Data pada penelitian ini dikumpulkan dari 100 orang responden yang menyukai olah raga arung jeram. Hasil penelitian diketahui bahwa ada enam motif yang memotivasi konsumen melakukan olah raga arung jeram. Keenam motif tersebut adalah: 1) kesenangan, 2) ekspresi diri, 3) kecanduan, 4) manantang bahaya, 5) kompetisi, 6) komunitas. Hasil analisis Independent Sample t-Test diketahui bahwa Konsumen pria memiliki motivasi menantang bahaya yang lebih tinggi (mean = 4,0526) dibandingkan konsumen wanita (mean = 3,4028).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi dan Arung jeram
Subjects: Manajemen > SDM dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 May 2013 10:17
Last Modified: 08 May 2013 10:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1309

Actions (login required)

View Item View Item