PENGARUH TERPAAN ISU MELETUSNYA GUNUNG MERAPI TERHADAP KECEMASAN MAHASISWA (Studi Kuantitatif Kasus Penayangan Silet Edisi 7 November 2010 Terkait Isu Meletusnya Gunung Merapi Terhadap Kecemasan Mahasiswa Komunikasi dan Teknik Arsitektur Universitas Atma Jaya Yogyakarta)

Sari, Maria Alma Puspita (2011) PENGARUH TERPAAN ISU MELETUSNYA GUNUNG MERAPI TERHADAP KECEMASAN MAHASISWA (Studi Kuantitatif Kasus Penayangan Silet Edisi 7 November 2010 Terkait Isu Meletusnya Gunung Merapi Terhadap Kecemasan Mahasiswa Komunikasi dan Teknik Arsitektur Universitas Atma Jaya Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03098.pdf

Download (462kB)
[img] Text (Bab I)
1KOM03098.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab II)
2KOM03098.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03098.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03098.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peristiwa meletusnya Gunung Merapi pada November 2010 lalu merupakan peristiwa besar yang terjadi di Indonesia Pemberitaan mengenai meletusnya gunung teraktif di dunia ini bahkan menjadi isu nasional, dan seluruh media massa meliput perkembangan pemberitaan ini. Kondisi Merapi yang tidak kunjung mereda, pemberitaan media massa yang terus menerus hingga informasi tentang dampak yang ditimbulkan letusan Gunung Merapi secara langsung tak langsung membawa pengaruh terhadap kecemasan khususnya bagi warga Yogyakarta. Tayangan Silet 7 November 2010 tiba-tiba membuat heboh warga Yogya karena tayangannya yang dianggap provokatif dan tidak jelas misinya. Acara yang menggulirkan ramalan Joyo Boyo dan predisi para ahli volkanologi tentang letusan Merapi yang akan meratakan kota Yogya dan sekitarnya ini sontak saja mendapat aduan dari berbagai pihak hingga harus dihentikan penayangannya. Oleh sebab itu, penelitian ini ingin melihat bagaimana pengaruh terpaan isu meletusnya Gunung Merapi dalam tayangan Silet 7 November 2010 terhadap kecemasan dua kelompok mahasiswa, yaitu mahasiswa Komunikasi dan mahasiswa Arsitektur Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Variabel dalam penelitian ini adalah terpaan isu dalam tayangan Silet 7 November 2010 (X), kecemasan mahasiswa (Y), dan faktor lain penyebab kecemasan (Z). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survey. Alat pengumpulan data dengan menyebarkan 124 kuesioner, di mana populasinya adalah mahasiswa Komunikasi dan Arsitektur Atma Jaya Yogyakarta angkatan 2008. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling, dengan analisis data menggunakan uji korelasi dan regresi linier sederhana Hasil yang didapatkan adalah terpaan isu dalam tayangan Silet 7 November 2010 memiliki hubungan yang signifikan dan berpengaruh kuat pada mahasiswa Arsitektur, namun tidak bagi mahasiswa Komnnikasi yang hanya memiliki pengaruh lemah dan tidak memiliki hubungan yang signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Terpaan media, Kecemasan
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Dec 2017 10:19
Last Modified: 05 Dec 2017 10:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13144

Actions (login required)

View Item View Item