REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM RUBRIK COVER STORY SURAT KABAR MINGGU PAGI (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Perempuan dalam Rubrik Cover Story Surat Kabar Minggu Pagi dengan Semiotika Roland Barthes)

Elsha, Debby Dwi (2011) REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM RUBRIK COVER STORY SURAT KABAR MINGGU PAGI (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Perempuan dalam Rubrik Cover Story Surat Kabar Minggu Pagi dengan Semiotika Roland Barthes). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03119.pdf

Download (313kB)
[img] Text (Bab I)
1KOM03119.pdf

Download (880kB)
[img] Text (Bab II)
2KOM03119.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03119.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03119.pdf

Download (264kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untulc mengetahui bagaimana representasi perempuan dalam Cover Story surat kabar Minggu Pagi dilihat dengan pendekatan semiotika Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yakni penelitian yang bersifat deskriptif yang menjelaskan analisis dengan penjabaran berdasarkan landasan teori yang dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta didapat saat penelitian. Hasil analisis dengan menggunakan metode semiotika Roland Barthes memperlihatkan adanya mitos-mitos mengenai perempuan dalam realitas media yang dibentuk oleh surat kabar Minggu Pagi. Surat kabar Minggu pagi merepresentasikan perempuan sebagai objek penghilatan, sebagaimana perempuan adalah makhluk yang indah yang nikmat untuk dipandang. Surat perempuan diarahkan untuk menjadi perempuan yang sesuai dengan budaya yang sudah dibentuk dan berlaku selama ini. Budaya yang membentuk mitos – mitos mengenai perempuan adalah budaya patriarki yang terus berkembang di masyarakat. Surat kabar minggu pagi menguatkan mitos – mitos perempuan dalam budaya patriarki tersebut sehingga menjadi realita yang terus disajikan untuk masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perempuan, pendekatan semiotika Roland Barthes
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Dec 2017 10:28
Last Modified: 05 Dec 2017 10:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13146

Actions (login required)

View Item View Item