PERAN RUBRIK FASHION AND BEAUTY DALAM MAJALAH FEMINA TERHADAP SIKAP PEMBACANYA DI BIDANG FASHION (Studi Etnografi Terhadap Sikap Pembaca Majalah Wanita Berumur 25-35 Tahun di Bidang Fashion)

Wibowo, Monica Andriani (2011) PERAN RUBRIK FASHION AND BEAUTY DALAM MAJALAH FEMINA TERHADAP SIKAP PEMBACANYA DI BIDANG FASHION (Studi Etnografi Terhadap Sikap Pembaca Majalah Wanita Berumur 25-35 Tahun di Bidang Fashion). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03349.pdf

Download (351kB)
[img] Text (Bab I)
1KOM03349.pdf

Download (805kB)
[img] Text (Bab II)
2KOM03349.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03349.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03349.pdf

Download (810kB)

Abstract

Perkembangan jaman membuat majalah banyak diminati oleh masyarakat. Latar belakang kemajuan fashion di era modern ini semakin membentuk konsep 'cantik' secara umum yang kemudian membuat majalah wanita menjadi salah satu jenis majalah yang terus berkembang untuk memenuhi keinginan sasaran pembacanya (wanita). Pola hidup saat ini, khususnya bagi wanita memang tidak dapat dipisahkan dari sebuah konsep fashion sebagai gaya hidup. Femina sebagai salah satu pelopor Majalah Wanita di Indonesia juga memiliki rubrik fashion and beauty sebagai sumber informasi tentang segala sesuatu terkait kehidupan mode dan kecantikan. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan metodologi Etnografi dengan teknik pengumpulan data: observasi partisipan dan wawancara mendalam. Etnografer tinggal bersama pembaca Femina yang merupakan subyek penelitian selama beberapa hari untuk mengamati sikap fashion terkait dengan kegiatan rutinnya membaca rubrik fashion and beauty Majalah Femina. Etnografer menggunakan teori Efek Media Massa dan Teori Sikap. Kedua teori ini terhubung dengan tiga efek, yaitu kognitif, afektif, dan behavioral yang dapat tercermin melalui sikap yang diperlihatkan oleh subyek penelitian. Dari penelitian yang dilakukan, etnografer memiliki kesimpulan bahwa efek kognitif, afektif, dan behavioral merupakan tahapan dalam pembaca memperoleh efek dari sebuah media massa. Tahapan efek berupa sikap tersebut pun berbeda­ beda antara pembaca yang satu dengan yang lainnya. Ada yang hanya memperoleh efek kognitif, dan ada pula yang memperoleh efek afektif, hingga behavioral dari sebuah sumber informasi yang sama.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peran, Fashion and Beauty, Sikap
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Dec 2017 11:13
Last Modified: 05 Dec 2017 11:13
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13151

Actions (login required)

View Item View Item