ANALISIS PEMILIHAN SUPPLIER THIRD PARTY LOGISTIC PADA COUPLE COUPLE SHOP DENGAN METODE FUZZY ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (FAHP)

Lio, Oktavianus (2017) ANALISIS PEMILIHAN SUPPLIER THIRD PARTY LOGISTIC PADA COUPLE COUPLE SHOP DENGAN METODE FUZZY ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (FAHP). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (HALAMN JUDUL)
TI072740.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
TI072741.pdf

Download (181kB)
[img] Text (BAB II)
TI072742.pdf

Download (334kB)
[img] Text (BAB III)
TI072743.pdf

Download (289kB)
[img] Text (BAB IV)
TI072744.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text (BAB V)
TI072745.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text (BAB BAB VI)
TI072746.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text (BAB VII)
TI072747.pdf

Download (51kB)
[img] Text (BAB VIII)
TI072748.pdf

Download (2MB)

Abstract

Couple Couple Shop merupakan sebuah toko atau distribution store yang menjual baju kembar (kemeja dan kaus), aksesoris berupa gelang dan topi yang dapat dijual secara online. Couple Couple Shop memiliki 5 supplier jasa pengiriman yang mengirimkan baju kepada konsumen jika ada konsumen yang membeli secara online. Masalah pemilihan supplier jasa pengiriman sangat penting bagi Couple Couple Shop untuk melakukan pengirimaan dikarenakan Couple couple shop tidak memiliki proses pemilihan supplier jasa pegiriman, tidak ada prioritas supplier jasa pengiriman dan tidak adanya alasan dalam pemilihan perusahaan jasa pengiriman. Kasus pemilihan supplier merupakan masalah MCDC (Multiple Criteria Decision Making), menurut penelitian terdahulu metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah MCDC adalah Analyticc Hierarchy Process (AHP) dan Fuzzy Analyticc Hierarchy Process. Pada perhitungan metode FAHP tidak digunakan semua formulasi yang ada dalam penelitian ini FAHP digunakan hanya pada penilaian matriks kriteria, sub-kriteria dan alternatif yang kemudian dianalisis lebih lanjut menggunakan metode Fuzzy Logarithmic Least Square Method for Fuzzy Analytic Hierarchy Process (Fuzzy LLSM FAHP). Pengolahan data untuk analisis AHP dapat menggunakan bantuan software Microsoft Excel dan untuk metode Fuzzy LLSM FAHP dapat dilakukan pengolahan data dengan menggunakan software LINGO. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kedua metode menghasilkan urutan prioritas supplier jasa pengiriman yang sama hanya saja ada perbedaan selisih pada nilai bobot global dan perbedaan tersebut relatif kecil. Hasil perhitungan menunjukan bahwa proritas supplier jasa menggunakan metode AHP dan Fuzzy LLSM FAHP adalah JNE, TIKI, DHL, J&T dan Pos Indonesia. Kelebihan dari metode AHP yaitu memiliki kesederhanaan dalam penggunaan dan dapat dilakukan secara manual, tetapi apa bila variable keputusan yang ada terlalu banyak membutuhkan waktu yang banyak dalam pengerjaaannya. Sedangkan Metode Fuzzy LLSM FAHP membutuhkan software linier programming (LINGO) dalam perhitungannya. Jika ditinjau lebih lanjut penerapan metode Fuzzy LLSM AHP sangat panjang dikarenakan menggunakan formulasi linier programming, namun memiliki kelebihan untuk menyelesaikan kriteria, sub-kriteria dan alternatif yang banyak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemilihan Supplier Third Party Logistic, Analytic Hierarchy Process, Fuzzy Analytic Hierarchy Process, Fuzzy Logarithmic Least Square Method for Fuzzy Analytic Hierarchy Process.
Subjects: Teknik Industri > Industri
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 20 Dec 2017 10:25
Last Modified: 20 Dec 2017 10:25
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13290

Actions (login required)

View Item View Item