Wibowo, Argo (2013) RANCANG BANGUN APLIKASI AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN KERIS. S2 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
0MTF01829.pdf Download (280kB) |
|
Text (Bab I)
1MTF01829.pdf Download (155kB) |
|
Text (Bab II)
2MTF01829.pdf Download (390kB) |
|
Text (Bab III)
3MTF01829.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
|
Text (Bab IV)
4MTF01829.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Bab V)
5MTF01829.pdf Download (1MB) |
Abstract
Salah satu obyek kesenian tradisional yang populer adalah keris. Senjata tradisional ini memiliki bentuk yang indah. Keris kurang dikenal masyarakat luas, karena media promosinya yang kurang menarik. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media baru untuk memperkenalkan keris kepada masyarakat luas. Obyek keris akan dibuat virtual sehingga dapat dikenal dengan cukup menarik oleh masyarakat. Obyek keris akan dimodelkan secara 3 dimensi, lalu digabungkan dengan pola penanda. Dengan menggunakan teknologi Augmented Reality maka diharapkan dapat menggabungkan obyek keris secara virtual dengan pola penanda pada media promosi. Pembuatan Augmented Reality obyek keris ini memanfaatkan fitur-fitur dari layanan Vuforia, AutoCad123D, dan Unity Game Designer. Vuforia menyediakan fitur pengenalan pola Augmented Reality secara remote. Autocad123D menyediakan layanan pemodelan 3D dengan baik. Unity game designer menyediakan layanan untuk menggabungkan kedua layanan Vuforia dan Autocadl23D. Dengan menggunakan layanan tersebut maka akan didapatkan aplikasi yang cukup ringan, dengan pemodelan yang relatif cepat, dan deteksi pola yang lebih baik
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keris, Augmented Reality, Vuforia |
Subjects: | Magister Teknik Informatika > Mobile Computing |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 29 Jan 2018 12:06 |
Last Modified: | 29 Jan 2018 12:06 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13617 |
Actions (login required)
View Item |