ANALISIS MOTIVASI BELANJA HEDONIS KONSUMEN STUDI KASUS PADA PUSAT PERBELANJAAN GALERIA YOGYAKARTA

Setiowati, Veronika (2006) ANALISIS MOTIVASI BELANJA HEDONIS KONSUMEN STUDI KASUS PADA PUSAT PERBELANJAAN GALERIA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0EM13030.pdf

Download (164Kb)
[img] Text (Bab I)
1EM13030.pdf

Download (101Kb)
[img] Text (Bab II)
2EM13030.pdf

Download (180Kb)
[img] Text
3EM13030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155Kb)
[img] Text (Bab III)
4EM13030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272Kb)
[img] Text (Bab IV)
5EM13030.pdf

Download (329Kb)

Abstract

Konsumen mempunyai motif yang berbeda-beda untuk melakukan interaksi di lingkungan belanja, motif tersebut adalah motif pribadi dfan motif social. Motif pribadi merupakan motif untuk memnuhi kebutuhan pribadinya sedangkan motif social merupakan motif untuk memenuhi kebutuhan berinteraksi dengan orang lain. Motivasi timbul dari kebutuhan yang ada dan kebutuhan tersebut didorong oleh daya beli sehingga dapat dikatakan bahwa motivasi adalah salah satu variable individual yang mempunyai pengaruh langsung terhadap proses pengambilan keputusan pembelian suatu produk. Dalem penelitian ini, motivasi belanja hedonis membaginya kedalam enam kategori tipe motivasi hedonis yang mendorong seseorang berbelanja, yaitu adventure shopping, social shopping, gratification shopping, idea shoppinh, role shopping, value shopping. Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui gambaran karakteristik responden dan gambaran tentang keputusan pembelian serta motivasi gaya belanja hedonis. Analisis infarensi menggunakan uji Chi Squer untuk mengetahui perbedaan karakteristik responden terhadap motivasi gaya belanja hedonis, uji regresi sederhana digunakan untuk mengetahui pengaruh antara motivasi gaya belanja hedonis terhadap keputusan pembelian. Sampel yang digunakan adalah 100 responden yang ada di pusat perbelanjaan Galeria Mall Yogyakarta. Hasil penelitian memperoleh kesimpulan pertama yaitu terdapat perbedaan motivasi belanja hedonis antar kategori karakteristik responden yang meliputi jenis kelamin, umur, pekerjaan, pendapatan dan gaya hidup. Kesimpulan kedua dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belanja hedonis terhadap keputusan pembelian pada konsumen Pusat Perbelanjaan Galeria Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: belanja hedonis
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 14 May 2013 13:10
Last Modified: 14 May 2013 13:10
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1406

Actions (login required)

View Item View Item