BENTUK-BENTUK SELF DISCLOSURE MELALUI FOTO DI SITUS JEJARING SOSIAL (Studi Deskriptif terhadap Foto-foto pada fasilitas Tag Photo pada Account Group NIKE Golf di Facebook)

Hertanto, Daniel Novy (2011) BENTUK-BENTUK SELF DISCLOSURE MELALUI FOTO DI SITUS JEJARING SOSIAL (Studi Deskriptif terhadap Foto-foto pada fasilitas Tag Photo pada Account Group NIKE Golf di Facebook). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM01716.pdf

Download (413Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM01716.pdf

Download (225Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM01716.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM01716.pdf

Download (2856Kb)

Abstract

Self disclosure merupakan proses yang selalu ada menyertai segala proses komunikasi dan interaksi sosial seseorang dalam lingkungannya baik dalam kehidupan nyata maupun dunia maya. Perkembangan teknologi komunikasi, memungkinkan seseorang dapat berkomunikasi tanpa tatap muka dalam dunia internet dengan menggunakan pesan-pesan visual. Foto menjadi salah satu media komunikasi visual yang digunakan dan berkembang dalam masyarakat di situs jejaring sosial (cybercommunity). Situs jejaring sosial Facebook yang paling digemari saat ini menyediakan fasilitas foto sebagai media berkomunikasi diantara anggotanya atau di dalam komunitas-komunitas yang terdapat di dalamnya. NIKE Golf, salah satu brand community yang dibentuk oleh NIKE di dalam Facebook, memanfaatkan fasilitas foto tersebut untuk menjalin hubungan dengan konsumennya atau anggota komunitas tersebut. Penelitian ini mencoba mencermati foto-foto dalam fasilitas tag photo pada Account Group NIKE Golf di Facebook yang diunggah oleh anggotanya. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif, peneliti melakukan deskripsi mengenai bentuk-bentuk self disclosure yang terdapat dalam foto-foto yang diunggah tersebut. Sebanyak 20 foto yang terpilih dengan menggunakan teknik sampling purposif, akan dianalisis pada penelitian ini. Kriteria yang digunakan dalam pemilihan foto-foto tersebut adalah terdapat subyek (orang), logo ataupun produk NIKE, terdapat peralatan, lapangan, dan kegiatan-kegiatan yang berkenaan dengan olahraga golf dan caption atau keterangan foto (caption dipertimbangkan mengingat fungsinya sebagai penjelas konteks foto. Perihal konteks tersebut akan memperjelas atau memaksimalkan self disclosure itu sendiri). Serta menggunakan satu foto dari masing-masing pengunggah. Indentifikasi yang terdapat dalam foto-foto ini antara lain keberadaan subyek atau orang baik diri sendiri maupun orang lain, keberadaan logo atau produk NIKE, keberadaan atribut atau objek yang berkenaan dengan golf dan caption foto. Aktivitas subyek dalam foto (baik ekspresi,tindakan dan konteks) dan komposisi teknis fotografi merupakan kesatuan momen yang mengandung pesan visual self disclosure dari anggota komunitas. Secara umum dapat dikatakan bahwa foto-foto dalam fasilitas tag photo pada Account Group NIKE Golf di Facebook yang diunggah oleh anggotanya memiliki bentuk-bentuk self disclosure yang beragam, bergantung pada konteks tujuan dan momen yang terekam dalam foto dan hal yang ingin ditunjukkan kepada orang lain sebagai aktivitas mengidentifikasi dirinya dengan NIKE. Self disclosure yang ditemukan antara lain : (a)perasaan bangga, senang dan gembira si pengunggah karena memiliki produk NIKE sebagai koleksi dan yang digunakan (atau dikenakannya),dan bahwa anak-anaknya juga menyukai olahraga golf dan produk NIKE, serta memiliki foto pegolf profesional dan terkenal, baik merupakan foto diri pegolf itu sendiri maupun foto orang terdekatnya bersama pegolf tersebut, sehingga sangat ingin menunjukkannya (memamerkannya) kepada orang lain; (b)ketertarikan dan keinginan memiliki terhadap produk NIKE yang dikenakan oleh para pegolf profesional yang ia gemari; (c)kegembiraan dan kebanggaan bahwa si pengunggah terlibat dalam sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh NIKE Golf. Penelitian ini dapat menjadi referensi bagi penelitian berkaitan dengan self disclosure dan self disclosure melalui foto pada khususnya, dan referensi bagi pihak NIKE dalam melihat dan memberi apresiasi terhadap perilaku dan aktivitas konsumen (anggotanya) dalam komunitas grup NIKE Golf tersebut, serta bagi pengunggah ataupun anggota lainnya untuk lebih memperhatikan etika ataupun empatinya dalam memberikan feedback terhadap foto-foto yang diunggah berdasarkan kesamaan kepentingan mengungkapkan diri dan indentifikasi diri dengan NIKE Golf.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Self Disclosure, Foto, Komunikasi, Jejaring Sosial
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 May 2013 11:38
Last Modified: 16 May 2013 11:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1453

Actions (login required)

View Item View Item