PENGELOLAAN DANA OTONOMI KHUSUS PROVINSI PAPUA BERDASARKAN PRINSIP-PRINSIP PENGELOLAAN KEUANGAN NEGARA YANG BAIK (GOOD FINANCIAL GOVERNANCE) (STUDI KASUS DANA OTONOMI KHUSUS PROVINSI PAPUA TAHUN ANGGARAN 2016)

DOUW, TRI ANI (2018) PENGELOLAAN DANA OTONOMI KHUSUS PROVINSI PAPUA BERDASARKAN PRINSIP-PRINSIP PENGELOLAAN KEUANGAN NEGARA YANG BAIK (GOOD FINANCIAL GOVERNANCE) (STUDI KASUS DANA OTONOMI KHUSUS PROVINSI PAPUA TAHUN ANGGARAN 2016). S2 thesis, UAJY.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
MIH025590.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB I)
MIH025591.pdf

Download (229kB)
[img] Text (BAB III)
MIH025593.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text (BAB III)
MIH025593.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text (BAB IV)
MIH025594.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text (BAB V)
MIH025595.pdf

Download (381kB)

Abstract

Tesis ini berjudul “Pengelolaan Dana Otonomi Khusus Provinsi Papua Berdasarkan Prinsip-Prinsip Pengelolaan Keuangan Negara Yang Baik (Good Financial Governance) (Studi Kasus Dana Otonomi Khusus Provinsi Papua Tahun Anggaran 2016)”. Tesis dengan judul tersebut bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengelolaan dana otonomi khusus Provinsi Papua berdasarkan prinsip-prinsip pengelolaan keuangan negara yang baik, mengetahui dan mengkaji kendala-kendala pengelolaan dana otonomi khusus Provinsi Papua berdasarkan prinsip-prinsip pengelolaan keuangan negara yang baik serta mengetahui dan mengkaji upaya untuk mengatasi kendala-kendala tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian normatif dengan menggunakan pendekatan perundangundangan, sejarah hukum dan politik hukum. Sumber data berupa data sekunder yang terdiri atas bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan wawancara. Bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder dianalisis dengan menggunakan metode analisis hukum. Proses berfikir deduktif digunakan untuk menarik kesimpulan. Teori otonomi khusus digunakan sebagai dasar bahwa Provinsi Papua merupakan salah satu provinsi yang memperoleh dana otonomi khusus oleh negara. Teori keuangan negara dan teori asas-asas umum pemerintahan yang baik juga digunakan karena dana otonomi khusus merupakan dana yang diperoleh dan bersumber dari Dana Alokasi Umum Nasional dan harus dikelola dengan baik sesuai dengan prinsip-prinsip pengelolaan keuangan negara yang baik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan dana otonomi khusus Provinsi Papua memang telah terlaksana sesuai dengan aturan yang berlaku, namun dalam pelaksanaannya ada yang berhasil dan belum berhasil atau gagal. Pelaksanaan penggunaan dana otonomi khusus ini membutuhkan pengawasan yang lebih sehingga nantinya dapat bermanfaat dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua. Kendala-kendala yang dialami sebagian besar berkaitan dengan pelaksanaan dan pertanggungjawaban daerah mengenai penggunaan dana otonomi khusus. Ada beberapa upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendalakendala tersebut salah satunya ialah dengan cara membuat aplikasi untuk memonitoring palaksanaan dana otonomi khusus sehingga akan mendorong keberhasilan pelaksanaan otonomi khusus di Provinsi Papua.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Dana Otonomi Khusus, Prinsip-Prinsip Pengelolaan Keuangan Negara Yang Baik, Provinsi Papua.
Subjects: Magister Ilmu Hukum > Hukum Ketatanegaraan
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Jun 2018 12:52
Last Modified: 08 Jun 2018 12:52
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14999

Actions (login required)

View Item View Item