DAMPAK KEBERADAAN PASAR MODERN TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG RITEL PASAR TRADISIONAL (KASUS PASAR TRADISIONAL CONDONG CATUR, DEPOK, SLEMAN)

Saragih , Morley (2017) DAMPAK KEBERADAAN PASAR MODERN TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG RITEL PASAR TRADISIONAL (KASUS PASAR TRADISIONAL CONDONG CATUR, DEPOK, SLEMAN). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
EP199510.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
EP199511.pdf

Download (175kB)
[img] Text (BAB II)
EP199512.pdf

Download (276kB)
[img] Text (BAB III)
EP199513.pdf
Restricted to Registered users only

Download (944kB)
[img] Text (BAB IV)
EP199514.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text (BAB V)
EP199515.pdf

Download (608kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis dampak keberadaan pasar modern terhadap pendapatan pedagang ritel pasar tradisional (kasus pasar tradisional Condong Catur, Depok, Sleman). Data yang digunakan merupakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara secara mendalam (in-dept interview) berdasarkan kuesioner yang telah disiapkan dan pengamatan (observasi) terhadap pedagang pasar tradisional. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui dampak pasar modern adalah dengan Paired t Test. Selanjutnya, analisis deskriptif digunakan untuk mengindentifikasi dampak keberadaan pasar modern terhadap pedagang Pasar Tradisional Condong Catur, Depok, Sleman. Berdasarkan uji statistik Paired t Test, terbukti bahwa keberadaan pasar modern berdampak pada pedagang Pasar Tradisional Condong Catur di kecamatan Depok, Sleman. Hal itu tampak, adanya penurunan pendapatan, keuntungan, dan jumlah pelanggan rata-rata per hari sebelum dan sesudah keberadaan pasar modern. Pedagang tidak mempunyai strategi khusus dalam menanggapi penurunan pendapatan, keuntungan dan jumlah pelanggan akibat keberadaan pasar modern. Berdampaknya pasar modern terhadap Pasar Tradisional Condong Catur disebabkan permasalahan internal pasar seperti kotor, kumuh, dan becek. Kondisi pasar yang tidak nyaman ini, memberikan keuntungan terhadap pasar modern yang memberikan kenyamanan dalam berbelanja.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pendapatan, pedagang ritel, pasar modern, pasar tradisional.
Subjects: Ilmu Ekonomi > Pembangunan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Sep 2018 08:39
Last Modified: 04 Sep 2018 08:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15662

Actions (login required)

View Item View Item