ANALISIS KINERJA RUAS JALAN (Studi kasus Jalan Matires da Patria Dili Timor Leste)

Juvinal, Rodrigues (2018) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN (Studi kasus Jalan Matires da Patria Dili Timor Leste). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
TS147810.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TS147811.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TS147812.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
TS147813.pdf

Download (676kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
TS147814.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
TS147815.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TS147816.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Jalan raya Martites da Patria yang terletak di Dili Timor Leste merupakan jalan perkotaan yang saat ini memiliki aktivitas guna lahan samping jalan yang beragam serta tingkat kesibukan yang cukup tinggi pada jam-jam sibuk. Lalu lintas di jalan Martires da Patria cukup padat terutama saat pagi dan sore ketika ketika pelajar dan pekerja memulai aktivitasnya untuk berangkat sekolah dan pulang sekolah, kuliah maupun kerja. Penyebab terjadinya kepadatan dan kemacetan adalah banyaknya kendaraan yang keluar masuk melalui sisi jalan, kendaraan yang berhenti, angkutan umum yang menaikkan dan menurunkan penumpang di pinggir jalan, parkir liar, serta pejalan kaki yang hendak menyebrang. Hal tersebut membuat tingkat pelayanan di jalan Martires da Patria menjadi rendah. Penelitian dilakukan dengan cara mengambil data primer berupa volume lalu lintas, waktu tempuh, hambatan samping serta geometrik jalan, data sekunder berupa jumlah penduduk. Pengamatan dilakukan selama 3 hari yaitu tanggal 05 januari 2018, tanggal 08 januari 2018 dan tanggal 09 januari 2018. Analisis data dilakukan berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Berdasarkan hasil pengamatan diperoleh volume lalu lintas sebesar 1458,35 smp/jam, total frekuensi berbobot hambatan samping sebesar 300,96 smp/jam. Kecepatan arus bebas (FV) sebesar 34,69 km/jam, kecepatan tempuh (V) sebesar 28,5 km/jam, waktu tempuh 13,09 detik. Kapasitas © sebesar 2322,90 smp/jam. Derajat kejenuhan (DS) 0,628 dan tingkat pelayanan B. Berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 faktor hambatan samping yang berpengaruh adalah kendaraan yang keluar masuk dari sisi jalan, kendaraan yang menaikkan penumpang dan menurunkan penumpang di pinggir jalan, bongkar muatan di sisi jalan, parkir liar pada sisi jalan. Jika kendaraan parkir di sisi jalan ditiadakan maka kecepatan kendaraan menjadi 37,24 km/jam, kapasitas © sebesar 2401 smp/jam dan derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,607. Tingkat pelayanan yang terjadi pada kondisi ini jika berdasarkan nilai LoS yang telah diketahui termasuk dalam kategori tingkat pelayanan B karena memiliki kecepatan yang tergolong rendah. Walaupun tingkat pelayanan tidak berubah, namun terjadi peningkatan kapasitas sehingga dapat menggurangi kemacetan pada ruas jalan tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kecepatan tempuh, kapasitas, hambatan samping, tingkat pelayanan.
Subjects: Civil Engineering > Transportation
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 07 Feb 2019 02:53
Last Modified: 07 Feb 2019 02:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16299

Actions (login required)

View Item View Item