GIDION PRATOMO, UNTUNG (2018) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus : Jalan Andi Mappanyukki Rantepao). S1 thesis, UAJY.
|
Text (HALAMAN AWAL)
TS156320.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
TS156321.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
TS156322.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (BAB III)
TS156323.pdf Download (347kB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
TS156324.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
||
Text (BAB V)
TS156325.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB VI)
TS156326.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Ruas Jalan Andi Mappanyukki Rantepao merupakan jalan yang menghubungkan ke pusat kota. Rantepao merupakan daerah pusat budaya Toraja dan daerah komersil pusat perdagangan makanan dan barang khas Toraja. Sebagai kawasan perdagangan dan jasa, kegiatan komersil mendominasi penggunaan lahan di sepanjang ruas jalan Andi Mappanyukki Rantepao. Tingginya aktivitas di sepanjang ruas jalan Andi Mappanyukki Rantepao menyebabkan volume kendaraan yang melintas tidak diimbangi dengan kapasitas jalan. Analisis kinerja ruas Jalan Andi Mappanyukki Rantepao dilakukan berdasarkan pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Data lalu lintas diperoleh dari survey jumlah kendaraan dilapangan yang dilakukan pada jam – jam sibuk selama 3 hari (23, 24 dan 28 April 2018) dan kemudian di analisis kinerja lalu lintasnya. Berdasarkan hasil pengamatan dilapangan pada ruas Jalan Mappanyukki Rantepao, pada tahun 2018, volume arus lalu lintas terbesar (Q) yaitu sebesar 1082 smp/jam, dengan kapasitas dasar ruas jalan (C) sebesar 1388 smp/jam. Kecepatan arus bebas kendaraan (FV) sebesar 30,80 km/jam, hambatan samping sebesar 1377 smp/jam dengan kelas hambatan sangat tinggi (VH), derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,78 dengan kategori tingkat pelayanan yaitu kategori D yang dapat diartikan keterangan mendekati arus tidak stabil dengan tundaan yang masih di toleransi dan kecepatan perjalanan rata – rata ≥ 25 Km/jam. Hal ini menunjukkan bahwa ruas Jalan Andi Mappanyukki Rantepao memerlukan evaluasi untuk peningkatan kinerja ruas jalan tersebut. Berdasarkan solusi pemecahan masalah yang dilakukan, menghilangkan parkir di sisi bahu jalan dan memperlebar ruas jalan sebesar 1 meter maka diperoleh volume arus lalu lintas terbesar (Q) yaitu sebesar 901 smp/jam, dengan kapasitas dasar ruas jalan (C) sebesar 2020 smp/jam. Derajat kejenuhan menjadi 0,445 dengan kategori tingkat pelayanan menjadi kategori B dengan . Keterangan arus stabil dengan sedikit tundaan dan kecepatan perjalanan rata – rata ≥ 30 Km/jam.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kinerja ruas jalan, kecepatan tempuh, kapasitas, hambatan samping, tingkat pelayanan,perkiraan peningkatan arus lalu lintas |
Subjects: | Civil Engineering > Transportation |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 07 Feb 2019 06:21 |
Last Modified: | 07 Feb 2019 06:21 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16338 |
Actions (login required)
View Item |