USULAN PENGEMBANGAN APLIKASI SELEKSI ADMINISTRASI PELAMAR KERJA DI PT KANISIUS

DELLA KEZIA SANDRA, LIM (2018) USULAN PENGEMBANGAN APLIKASI SELEKSI ADMINISTRASI PELAMAR KERJA DI PT KANISIUS. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
TI077170.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TI077171.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TI077172.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
TI077173.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text (BAB IV)
TI077174.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
TI077175.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TI077176.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PT Kanisius merupakan industri yang bergerak pada percetakan dan penerbitan. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1922 dan berlokasi di Jalan Cempaka No. 9, Deresan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sistem perekrutan tenaga kerja di PT Kanisius masih menggunakan cara konvensional. Pada tahap awal perekrutan yakni tahap seleksi administrasi, pelamar dapat mengirimkan berkas lamaran secara softcopy atau hardcopy. Proses seleksi berkas administrasi masih dilakukan secara manual. Staf perusahaan menggunakan berkas Curriculum Vitae (CV), KTP dan transkrip nilai pelamar sebagai data untuk melakukan rekapitulasi di Microsoft Excel. Selanjutnya staf perusahaan menyesuaikan data rekapitulasi dengan job requirement perusahaan secara satu per satu. Berdasarkan permasalahan, tujuan dari penelitian ini adalah memberikan usulan desain pengembangan perekrutan online serta merancang sistem seleksi administrasi berbasis komputer untuk memperoleh daftar pelamar yang lolos seleksi. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah System Development Life Cycle yang terdiri dari beberapa tahapan yakni tahap perencanaan, analisis, desain dan implementasi. Data yang digunakan untuk pengujian sistem adalah berkas pelamar yang pernah diterima perusahaan pada periode pembukaan lowongan tertentu. Pada pengembangan sistem seleksi administrasi dibuat dengan adanya fitur filtering untuk memperoleh pelamar yang sesuai dengan kriteria perusahaan. Perancangan sistem menggunakan software Microsoft Visual Studio 2012 dengan bahasa pemrograman C# dan pembuatan basis data menggunakan Microsoft SQL Server 2012. Hasil dari penelitian adalah usulan pengembangan sistem perekrutan online serta sistem seleksi administrasi berbasis komputer untuk meminimalisir waktu dalam proses rekapitulasi data serta meminimalisir kekeliruan dalam proses seleksi administrasi pelamar sebagai suatu improvement yang dapat dilakukan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: System Development Life Cycle, aplikasi filtering, perekrutan, perekrutan online, seleksi administrasi
Subjects: Teknik Industri > Industri
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Feb 2019 02:08
Last Modified: 08 Feb 2019 02:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16373

Actions (login required)

View Item View Item