SPIRITUAL HERITAGE RESORT DI KAWASAN PUNCAK SUROLOYO DIY DENGAN PENGOLAHAN SUASANA KARAKTER MEDITATIF BERDASARKAN LANDASAN FILOSOFI KEJAWEN

SILFAKRANTI, KOFIAS (2018) SPIRITUAL HERITAGE RESORT DI KAWASAN PUNCAK SUROLOYO DIY DENGAN PENGOLAHAN SUASANA KARAKTER MEDITATIF BERDASARKAN LANDASAN FILOSOFI KEJAWEN. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
TA153720.pdf

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TA153721.pdf

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TA153722.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
TA153723.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
TA153724.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
TA153725.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TA153726.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

Kawasan Puncak Suroloyo merupakan salah satu bagian kawasan wisata yang berada di Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain menawarkan pesona alam nusantara, Puncak Suroloyo juga mewarisi legenda Jawa yang dilengkapi dengan berbagai macam acara kebudayaan dan spiritual yang diadakan pada destinasi wisata tersebut. Hal inilah yang membuat kawasan Puncak Suroloyo berbeda dari wisata alam lainnya, sehingga menarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung menikmati pesona alam dan kebudayaan Jawa. Kunjungan wisatawan yang semakin tinggi memberikan suasana ramai dan penuh dengan wisatawan dalam satu puncak wisata, hal ini bertentangan dengan kenyamanan serta privasi wisatawan yang cenderung menginginkan suasana tenang untuk merenungkan diri. Selain itu wisata alam yang ditawarkan menarik minat wisatawan berbagai kelas, namun hanya dengan fasilitas akomodasi 10 cottage sederhana tidak dapat menampung wisatawan yang menginginkan lebih dari sekedar tempat menginap. Kecenderungan para wisatawan khususnya mancanegara kurang mendapatkan edukasi tentang pengenalan potensi historis serta kebudayaan spiritual Jawa setempat dikarenakan salah satunya faktor bahasa yang kurang dikuasai oleh masyarakat lokal. Hal ini mendorong usulan pembangunan Spiritual Heritage Resort sebagai fasilitas akomodasi, mengingat potensi historis kebudayaan spiritual Jawa serta suasana alam yang berkembang di Puncak Suroloyo sangat kuat dan layak untuk diperkenalkan ke wisatawan khususnya mancanegara. Sehingga berpotensi untuk mengangkat derajat wisata Puncak Suroloyo ke dalam persaingan pasar pariwisata global.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Spiritual Heritage Resort, Puncak Suroloyo, Kebudayaan Jawa, Kejawen, Healing Retreat, Meditasi
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Feb 2019 01:59
Last Modified: 12 Feb 2019 01:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16524

Actions (login required)

View Item View Item