Pengenalan Objek Pada Citra Digital dengan Algoritma Region-based Convolutional Neural Network (R-CNN)

Adie, Heronimus Tresy Renata (2018) Pengenalan Objek Pada Citra Digital dengan Algoritma Region-based Convolutional Neural Network (R-CNN). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
TF078240.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TF078241.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TF078242.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
TF078243.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
TF078244.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text (BAB V)
TF078245.pdf
Restricted to Registered users only

Download (975kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
TF078246.pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

Pada masa ini computer vision sudah semakin berkembang dan lebih praktikal. Salah satu topik yang populer dibidang computer vision adalah pengenalan objek. Seiring dengan perkembangannya, tingkat kesulitan yang dihadapi dalam pengenalan objek pun semakin kompleks. Besarnya data dan proses komputasi yang rumit membuat diperlukannya metode yang tepat untuk menangani permasalahan pengenalan objek. Convolutional Neural Network (CNN) merupakan metode yang paling banyak digunakan untuk menangani permasalah pengenalan objek. Salah satu metode berbasis CNN yang ada dan telah teruji hasilnya adalah Region-based Convolutional Neural Network (R-CNN). Akan tetapi penggunaan R-CNN sejauh ini belum menggunakan model jaringan dan dataset terbaru. Berdasarkan hal tersebut, maka masih terdapat ruang untuk pengembangan metode R-CNN dengan pembaharuan pada model jaringan maupun dataset yang lebih baru. Model jaringan yang akan digunakan pada penelitian ini adalah VGG, ResNet, dan MobileNet dengan VOC 2012 sebagai dataset. Hasil dari penelitian ini akan menunjukan performa pengenalan objek dengan metode R-CNN pada model jaringan VGG, ResNet, dan MobileNet dengan dataset VOC 2012. Performa yang diuji antara lain adalah waktu pelatihan, kecepatan deteksi, tingkat akurasi, dan ukuran bobot. Pengujian pada penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan pengenalan objek dengan metode R-CNN pada model jaringan dan dataset yang lebih baru dapat dilakukan dan menunjukan waktu deteksi tercepat 101 ms dan tingkat mean average precission tertinggi 0,759.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengenalan objek, computer vision, deep learning, Region-based Convolutional Neural Network (R-CNN).
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Feb 2019 01:50
Last Modified: 18 Feb 2019 01:50
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16707

Actions (login required)

View Item View Item