FAKTOR-FAKTOR MANAJEMEN KUALITAS YANG BERPENGARUH TERHADAP DAYA SAING KONTRAKTOR DI YOGYAKARTA

Saputra, James Christian (2011) FAKTOR-FAKTOR MANAJEMEN KUALITAS YANG BERPENGARUH TERHADAP DAYA SAING KONTRAKTOR DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TS11985.pdf

Download (818Kb)
[img] Text (Bab I)
1TS11985.pdf

Download (105Kb)
[img] Text (Bab II)
2TS11985.pdf

Download (126Kb)
[img] Text (Bab III)
3TS11985.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TS11985.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403Kb)
[img] Text (Bab V)
5TS11985.pdf

Download (181Kb)

Abstract

Persaingan dalam industri konstruksi saat ini semakin meningkat dengan banyaknya jumlah perusahaan konstruksi atau kontraktor sedangkan pekerjaan yang ditawarkan terbatas. Hal ini menyebabkan perusahaan konstruksi harus mampu menghasilkan barang atau jasa dengan kualitas yang lebih baik dan harga yang sesuai dengan kualitas yang dihasilkan serta harus sesuai dengan keinginan dari pengguna jasa. Diharapkan dengan menerapkan prinsip-prinsip yang terdapat dalam sistem manajemen kualitas, kontraktor dapat meningkatkan kualitas perusahaan dan kualitas barang atau jasa yang ditawarkan sehingga daya saing perusahaan akan meningkat dan perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor manajemen kualitas apa saja yang berpengaruh terhadap daya saing kontraktor di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan secara langsung kepada kontraktorkontraktor di daerah Yogyakarta. Responden yang berpartisipasi berjumlah 37 responden yang merupakan pimpinan perusahaan, wakil pimpinan, manajer proyek, dan manajer lapangan pada perusahaan konstruksi. Skala yang digunakan dari skala 5 untuk sangat berpengaruh, 4 untuk berpengaruh, 3 untuk cukup berpengaruh, 2 untuk tidak berpengaruh, dan 1 untuk sangat tidak berpengaruh. Hasil penelitian menujukkan bahwa faktor manajemen kualitas yang berpengaruh terhadap daya saing kontraktor yang berada pada peringkat pertama adalah fokus pada pelanggan dengan nilai ratarata 4,0919 dan deviasi standar 0,3789. Pada peringkat kedua adalah perbaikan berkesinambungan dengan nilai rata-rata 3,7954 dan deviasi standar 0,7791. Pada peringkat ketiga adalah pelibatan dan pemberdayaan karyawan dengan nilai rata-rata 3,6649 dan deviasi standar 0,6074.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kualitas, manajemen kualitas, daya saing, kontraktor
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 27 May 2013 11:05
Last Modified: 27 May 2013 11:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1732

Actions (login required)

View Item View Item