WERTHI, KOMANG TRI (2011) KAJIAN MOTIVASI INTRINSIK FACEBOOKER. S2 thesis, UAJY.
|
Text (HALAMAN JUDUL)
MM913040.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
MM913041.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
MM913042.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB III)
MM913043.pdf Restricted to Registered users only Download (873kB) |
||
Text (BAB IV)
MM913044.pdf Restricted to Registered users only Download (809kB) |
||
|
Text (BAB V)
MM913045.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Internet merupakan sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintah, komersial, organisasi, maupun perorangan. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikas dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakai yang tersebar diseluruh dunia salah satu contohnya adalah facebook. Facebook adalah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Dalam berinteraksi dan berperilaku tentunya dilatarbelakangi oleh suatu motivasi tertentu. Motivasi dapat diartikan sebagai dorongan dalam diri individu yang merangsang individu untuk melakukan tindakan-tindakan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Motivasi dibagi menjadi dua kelas yaitu motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Motivasi ektrinsik adalah motivasi yang datang dari luar diri individu,. Sedangkan motivasi instrinsik adalah motivasi yang berasal dari dalam diri individu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh faktor-faktor motivasi instrinsik terhadap information sharing, mengkaji pengaruh faktor-faktor motivasi intrinsik terhadap frekuensi posting status pada facebook, dan mengkaji pengaruh information sharing terhadap frekuensi posting status pada facebook. Data yang diperoleh melalui kuesioner yang diuji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan cronbach's alpha. Analisis data menggunakan analisis-analisis regresi linear berganda dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: secara simultan dan parsial faktor-faktor motivasi instrinsik (antusiasme bekerja, kebutuhan keunikan, semangat pelopor) berpengaruh positif terhadap information sharing. Secara simultan faktor-faktor motivasi intrinsik (antusiasme bekerja, kebutuhan keunikan, semangat pelopor) berpengaruh positif terhadap frekuensi posting status pada facebook. Namun secara parsial hanya variabel antusiasme bekerja yang tidak berpengaruh terhadap frekuensi posting status pada facebook. Hasil yang terakhir adalah information sharing berpengaruh positif terhadap frekuensi posting status pada facebook.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | faktor-faktor motivasi instrinsik (antusiasime bekerja, kebutuhan keunikan, semangat pelopor), Information sharing, Frekuensi posting status pada Facebook |
Subjects: | Magister Manajemen > E-Business |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 12 Mar 2019 02:43 |
Last Modified: | 12 Mar 2019 02:43 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17461 |
Actions (login required)
View Item |