IDENTIFIKASI PENGENALAN KONSUMEN TERHADAP NEGARA ASAL MEREK

ROSARI, THERESIA SRI DEWI RETNO (2011) IDENTIFIKASI PENGENALAN KONSUMEN TERHADAP NEGARA ASAL MEREK. S2 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
MM913120.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
MM913121.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
MM913122.pdf

Download (898kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
MM913123.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img] Text (BAB IV)
MM913124.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
MM913125.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur akurasi pengenalan konsumen terhadap negara asal merek dan menganalisis hubungan antara karakteristik sosial-ekonomi, pengalaman internasionl, usia, jenis kelamin, dan tingkat etnosentrisme dengan akurasi pengenalan merek. Negara asal merek dikatakan sebagai negara merek tersebut yang diasosiasikan dengan kantor pusat dimana pemilik merek tersebut berlokasi. Setiap negara yang berbeda memiliki citra yang berbeda menurut konsumen, jika konsumen salah dalam mengidentifikasikan asal suatu merek, hasil evaluasi merek akan berbeda jika konsumen mengetahui asal merek dengan benar. Penelitian ini merupakan replikasi dan modifikasi dari penelitian yang dilakukan oleh Samiee, Shimp, Sharma (2005) di Amerika. Sebanyak 301 responden terlibat dalam penelitian ini yang didapat dengan menyebarkan kuesioner secara offline dan online. Data kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji Oneway ANOVA. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat akurasi pengenalan merek asing dan domestik responden secara keseluruhan termasuk rendah. Dari hasil yang terlihat beberapa faktor berhubungan dengan pengenalan merek yang karakteristik sosial-ekonomi dan pengalaman internasional tetapi adapula faktor yang tidak berhubungan yakni tedensi etnosentrisme. Berdasarkan demografi responden, usia dan jenis kelamin hanya berhubungan dengan pengenalan merek asing.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: negara asal merek dan akurasi pengenalan merek
Subjects: Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Mar 2019 02:48
Last Modified: 12 Mar 2019 02:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17465

Actions (login required)

View Item View Item