LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR APARTEMEN SRIWIJAYA JAKABARING DI KOTA PALEMBANG DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORAL ARCHITECTURE

Setyono, Mikhael Budi (2019) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR APARTEMEN SRIWIJAYA JAKABARING DI KOTA PALEMBANG DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORAL ARCHITECTURE. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
TA151430.pdf

Download (798kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TA151431.pdf

Download (763kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BBA II)
TA151432.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB III)
TA151433.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
TA151434.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
TA151435.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TA151436.pdf

Download (45MB) | Preview

Abstract

Kota Palembang adalah salah satu kota metropolitan di Indonesia yang memiliki pertumbuhan pembangunan yang cukup pesat. Dampak dari pertumbuhan pembangunan di Kota Palembang adalah meningkatnya penggunaan lahan karena bertambahnya kebutuhan ruang. Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Kota Palembang membuat kebijakan dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Palembang untuk mengembangkan pusat-pusat pertumbuhan baru di sekeliling kota sehingga pembangunan menjadi lebih menyebar dan merata di Kota Palembang. Kecamatan Seberang Ulu I menjadi salah satu kecamatan yang terpilih karena telah mengalami perkembangan pesat yang didukung oleh berbagai fasilitas yang telah terbangun sehingga dapat dikembangkan sebagai lokasi hunian di Kota Palembang. Diketahui bahwa masih dibutuhkan sebanyak 67.517 unit hunian bagi keluarga kelas menengah dan menengah atas di Kota Palembang. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa Apartemen Sriwijaya Jakabaring yang berada di Kecamatan Seberang Ulu I di Kota Palembang layak dibangun karena masih kurang dari jumlah unit hunian yang dibutuhkan.Apartemen sebagai salah satu solusi pemenuhan kebutuhan hunian memunculkan permasalahan tinggal di hunian vertikal bagi penghuninya seperti kecenderungan bersikap individualis, perubahan pola perilaku sosial, minim interaksi sosial, lingkungan yang kurang kondusif hingga kesehatan yang menurun. Untuk menghasilkan desain yang memperhatikan aspek perilaku manusia, digunakan pendekatan Behavioral Architecture. Oleh sebab itu, rumusan masalah yang digunakan adalah Bagaimana wujud Apartemen Sriwijaya Jakabaring di Kota Palembang sebagai bagian dari solusi pemenuhan kebutuhan hunian bagi masyarakat kalangan menengah dan menengah atas di perkotaan yang mampu menghadirkan ruang bersama yang bersifat interaktif khususnya bagi penghuni apartemen melalui penataan ruang luar dan dalam dengan pendekatan Behavioral Architecture. Apartemen Sriwijaya Jakabaring diharapkan dapat menjadi solusi pemenuhan kebutuhan hunian bagi masyarakat kelas menengah dan menengah atas di Kota Palembang. Konsep Liveability adalah konsep hunian yang dapat menjadi solusi terhadap permasalahan tinggal di hunian vertikal. Permasalahan tersebut akan dianalisis menggunakan elemen fisik dan sosial yang berkaitan dengan pola perilaku manusia, sehingga dapat menghasilkan yang memperhatikan aspek manusia dan desain ruang bersama yang interaktif pada apartemen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: apartemen, interaksi sosial, behavioral architecture, ruang bersama, liveability
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 12 Mar 2019 03:40
Last Modified: 12 Mar 2019 03:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17477

Actions (login required)

View Item View Item