PEREMPUAN DALAM IKLAN (ANALISIS ISI TENTANG GAMBARAN EKSPLOITASI PEREMPUAN DALAM IKLAN KOSMETIK DI TELEVISI PERIODE TAHUN 2008-2009)

Widuri, Theresia Endah (2011) PEREMPUAN DALAM IKLAN (ANALISIS ISI TENTANG GAMBARAN EKSPLOITASI PEREMPUAN DALAM IKLAN KOSMETIK DI TELEVISI PERIODE TAHUN 2008-2009). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM02962.pdf

Download (1835Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM02962.pdf

Download (109Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM02962.pdf

Download (55Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM02962.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM02962.pdf

Download (337Kb)

Abstract

Hampir semua iklan di media massa tidak pernah lepas dari penggunaan figur perempuan. Perempuan diposisikan sebagai obyek, hanya sebagai penarik pasar, dan cara penariknya yang bisa dijual adalah dengan tubuhnya. Iklan kosmetik di televisi banyak menghadirkan perempuan sebagai modelnya. Ada gejala eksploitasi terhadap perempuan yang ditunjukkan dalam iklan kosmetik dimana menawarkan daya tarik fisik perempuan. Eksploitasi ini tidak semata-mata dilakukan secara kasar, tetapi mengatasnamakan keindahan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode analisis isi yang bertujuan untuk menggambarkan bentuk eksploitasi pada perempuan yang terjadi dalam iklan kosmetik di televisi periode tahun 2008-2009. Sehingga dapat diketahui sejauh mana iklan kosmetik sebagai salah satu media penyampai pesan untuk menawarkan suatu produk dalam menggambarkan dan memposisikan perempuan. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa perempuan digambarkan berada di wilayah dalam rumah; secara fisik berkulit putih dan memiliki bentuk tubuh yang ramping; mengenakan pakaian jenis onepiece yang feminin dan ketat; menonjolkan bagian seputar wilayah lengan; melakukan gerakan erotis berupa menggerakkan pundak, memperlihatkan gerakan mata yang menggoda sebagai bentuk ekspresi sensual; dan posisi sebagai subyek saat berinteraksi dengan lakilaki.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Iklan, eksploitasi, perempuan, kosmetik
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 May 2013 08:37
Last Modified: 29 May 2013 08:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1873

Actions (login required)

View Item View Item